PENANAMAN KEMANDIRIAN DALAM MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 JAKARTA MELALUI BELAJAR DARI RUMAH

LU'LU MIFTAHUL JANNAH, . (2021) PENANAMAN KEMANDIRIAN DALAM MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 JAKARTA MELALUI BELAJAR DARI RUMAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Lu’lu Miftahul Jannah, Penanaman Kemandirian Dalam Mata Pelajaran PPKn Terhadap Siswa Kelas XI SMK Negeri 7 Jakarta Melalui Belajar Dari Rumah. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan dalam mata pelajaran PPKn dan untuk mengetahui bagaimana penanaman kemandirian yang dilakukan dalam mata pelajaran PPKn selama belajar dari rumah pada siswa kelas XI di SMK Negeri 7 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara dan dokumen. Penelitian ini dilakukan selama bulan Juni-Agustus 2021. Informan dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 9 orang, key informan 3 orang, serta expert opinion sebanyak 1 orang. Berdasarkan hasil temuan menunjukan bahwa meskipun siswa kelas XI SMK Negeri 7 Jakarta tengah melaksanakan pembelajaran dari rumah akibat adanya pandemi covid-19, Dalam keadaan saat ini, kemandirian memang sangat dibutuhkan terutama dalam kegiatan pembelajaran agar proses pembelajaran dapat terus berjalan. Kemandirian sangat berguna bagi siswa agar memiliki kemandirian dan tidak bergantung kepada orang lain. Selain berguna dalam proses pembelajaran,kemandirian juga berguna bagi siswa untuk diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari baik ketika siswa berada dirumah maupun ketika siswa berada dalam masyarakat atau lingkungan sekitarnya. Kemandirian juga sangat berguna bagi siswa sebagai bekal masa depannya. Oleh karena itu, guru PPKn sebagai sosok yang sangat dibutuhkan dalam penanaman kemandirian terhadap siswa, menanamkan kemandirian terhadap siswa kelas XI SMK Negeri 7 Jakarta melalui setiap kegiatan pada proses pembelajaran yang dilakukan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penanaman kemandirian harus terus dipertahankan dan ditumbuhkan kepada siswa. Guru PPKn dapat terus mengontrol melalui evaluasi diri serta komunikasi intensif oleh guru dengan orang di sekitar siswa. Dengan demikian siswa kelas XI SMK Negeri 7 Jakarta dapat memiliki kemandirian. Kata Kunci : Penanaman, Kemandirian, Belajar dari rumah. ABSTRACT Lu'lu Miftahul Jannah, Cultivating Independence in Civics Subjects for Class XI Students of SMK Negeri 7 Jakarta Through Learning From Home. Thesis, Jakarta: Pancasila and Civic Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2021. This study aims to determine the learning process carried out in Civics subjects and to find out how the inculcation of independence is carried out in Civics subjects while studying from home in class XI students at SMK Negeri 7 Jakarta. This study uses a descriptive approach approach. Data collection techniques in this study are using interviews and documents. This research was conducted during June-August 2021. The informants in this study revealed 9 people, 3 key informants, and 1 expert opinion. Based on the findings, it shows that although class XI students at SMK Negeri 7 Jakarta are carrying out learning from home due to the covid-19 pandemic, in the current situation, independence is really needed, especially in learning activities so that learning can continue. Independence is very useful for students to be independent and not dependent on others. In addition to being useful in the learning process, independence is also useful for students to be applied in everyday life, whether students are at home or when students are in the community or the surrounding environment. Independence is also very useful for students as a provision for storage. Therefore, the Civics teacher as a figure who is very much needed in instilling independence in students, independence for class XI students at SMK Negeri 7 Jakarta through every activity in the learning process carried out by students. The conclusion of this study is that the cultivation of independence must be maintained and grown in students. Pancasila and civic education teachers can continue to control through self-evaluation and intensive communication by teachers with people around students. Thus, class XI students of SMK Negeri 7 Jakarta can have independence. Keywords: Planting, Independence, Learning from home.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sarkadi, M.Si. 2). Drs. Agus Martono, M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 10830 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:46
Last Modified: 27 Aug 2021 03:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17609

Actions (login required)

View Item View Item