Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Gillingham-Stillman pada Peserta Didik dengan Masalah Belajar di SDN Kramat Jati 16, Jakarta Timur Penyelenggara Pendidikan Inklusi (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kramat Jati, Jakarta Timur)

Arofatul Mutoharoh, . (2018) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Gillingham-Stillman pada Peserta Didik dengan Masalah Belajar di SDN Kramat Jati 16, Jakarta Timur Penyelenggara Pendidikan Inklusi (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kramat Jati, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 Halaman Judul.pdf

Download (266kB)
[img]
Preview
Image
02 Lembar Persetujuan.jpeg

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Image
05 Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.jpeg

Download (364kB) | Preview
[img] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (193kB)
[img] Text
12 BAB 1.pdf

Download (392kB)
[img] Text
13 BAB 2.pdf

Download (682kB)
[img] Text
14 BAB 3.pdf

Download (501kB)
[img] Text
15 BAB 4.pdf

Download (621kB)
[img] Text
16 BAB 5.pdf

Download (200kB)
[img] Text
17 Daftar Pustaka.pdf

Download (351kB)
[img] Text
18 Lampiran.pdf

Download (660kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik dengan masalah belajar menggunakan metode Gillingham-Stillman di SDN Kramat Jati 16. subjek penelitian adalah siswa dengan masalah belajar kelas III di SDN Kramat Jati 16 yang berjumlah 2 siswa dalam setting kelas inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan system spiral yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil tes unjuk kerja dan hasil pengamatan. Hasil yang didapat pada kemampuan awal belum mencapai nilai ketuntasan yang diharapkan yaitu 60. Setelah memperoleh data kemampuan awal dilakukanlah siklus 1. Dari hasil tes evaluasi yang dilakukan pada siklus I yaitu beberapa siswa mengalami peningkatan yaitu nilai dan keaktifan siswa namun nilai yang diperoleh belum mencapai batas ketuntasan. Untuk itu dilanjut ke siklus II. Hasil yang diperoleh dari siklus II yaitu seluruh peserta didik dengan masalah belajar mengalami peningkatan dalam hasil membaca permulaan dan sudah mencapai nilai ketuntasan. Diharapkan guru dapat menggunakan metode Gillingham-Stillman karena dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa dengan masalah belajar kelas III di SDN 16, Kramat Jati, Jakarta Timur

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Murni Winarsih M.Pd 2) Riana Bagaskorowati, Ph.D
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Nov 2019 14:45
Last Modified: 21 Nov 2019 14:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item View Item