STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK JALANAN DI BIMBINGAN BELAJAR YAYASAN EDUCATION RELIGION BEE ENTERTAIMENT (ERBE)

DITA TAUFIK MAULANA, . (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK JALANAN DI BIMBINGAN BELAJAR YAYASAN EDUCATION RELIGION BEE ENTERTAIMENT (ERBE). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Dita Taufik Maulana, Strategi Guru Dalam Membangun Motivasi Belajar Anak Jalanan Di bimbingan Belajar Yayasan Education Religion Bee Entertaiment (ERBE), Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam membangun motivasi belajar anak jalanan di bimbingan belajar Yayasan ERBE dan faktor penghambat dalam membangun motivasi belajar anak jalanan di Yayasan ERBE. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan materi audio visual. Teknik kalibrasi data yang digunakan dalam penelitian ini ialah audit trial, member check, triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru dalam membangun motivasi anak dengan menggunakan metode yang bemacam-macam agar siswa tidak cepat bosan. Dalam membangun motivasi, guru menggunakan pendekatan dengan mengetahui minat anak, memberikan angka atau nilai, memberikan pujian dan hadiah kepada anak yang aktif pada saat pembelajaran dan memiliki sikap yang baik. Faktor yang menjadi penghambat dalam membangun motivasi anak seperti anak memiliki sifat yang malas, orang tua yang tidak mementingkan pendidikan anaknya, pengaruh pergaulan anak, lingkungan tempat tinggal dan jumlah tenaga pendidik yang kurang di Yayasan ERBE. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Yayasan ERBE mendidik anak jalanan agar mereka mendapatkan hak untuk mendapatkan pendidikan. Fungsi dari bimbingan belajar yaitu mengalihkan kegiatan anak di jalanan dengan kegiatan pembelajaran gratis dan mendidikan anak jalanan untuk memiliki sikap dan perilaku yang baik sehingga diharapkan menjadi warga negara yang baik. Strategi yang digunakan oleh guru dengan memberikan motivasi belajar kepada anak jalanan agar mereka bersemangat untuk belajar dan anak merasa diperhatikan. Kata kunci : Strategi, Motivasi, Anak jalanan ABSTRACT Dita Taufik Maulana, Teacher's Strategy in Building Street Children's Learning Motivation at the Education Religion Bee Entertainment Foundation (ERBE), Thesis. Jakarta: Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2021. The purpose of this study was to determine the teacher's strategy in building the learning motivation of street children in the ERBE Foundation tutoring and the inhibiting factors in building the learning motivation of street children at the ERBE Foundation. The type of research used in this study is a qualitative research with a descriptive approach. Data collection techniques in the form of observation, interviews, documentation and audio-visual materials. Data calibration techniques used in this study are audit trial, member check, triangulation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research findings indicate that the strategies used by teachers in building children's motivation use various methods so that students do not get bored quickly. In building motivation, the teacher uses an approach by knowing the child's interests, giving numbers or grades, giving praise and gifts to children who are active during learning and have a good attitude. Factors that become obstacles in building children's motivation such as children who are lazy, parents who are not concerned with their children's education, the influence of children's associations, the environment in which they live and the number of educators who are lacking in the ERBE Foundation. The conclusion of this study is that the ERBE Foundation educates street children so that they have the right to education. The function of tutoring is to divert children's activities on the streets with free learning activities and educate street children to have good attitudes and behavior so that they are expected to become good citizens. The strategy used by the teacher is to provide learning motivation to street children so that they are eager to learn and the children feel cared for. Keywords: Strategy, Motivation, Street Children

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Japar, M.Si. 2). Iqbal Syafrudin, S.Pd., M.i.P
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 11722 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:55
Last Modified: 30 Aug 2021 01:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17720

Actions (login required)

View Item View Item