PENGARUH PENGGUNAAN RAGI ALAMI EKSTRAK BUAH JAMBU AIR CINCALO MERAH (SYZYGIUM SAMARANGENSE) PADA PEMBUATAN KUE KAMIR TERHADAPA DAYA TERIMA KONSUMEN

NURUL KARIMAH, . (2021) PENGARUH PENGGUNAAN RAGI ALAMI EKSTRAK BUAH JAMBU AIR CINCALO MERAH (SYZYGIUM SAMARANGENSE) PADA PEMBUATAN KUE KAMIR TERHADAPA DAYA TERIMA KONSUMEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisis pengaruh ragi alami ekstrak buah jambu air cincalo merah pada pembuatan kue kamir, kue tradisional khas pemalang yang dapat diterima oleh konsumen berdasarkan aspek volume, warna, aroma, tekstur, dan rasa. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan Pastry Dan Bakery Program Studi Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Jakarta. Waktu penelitian dimulai pada bulan November 2019 hingga Agustus 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Sampel penelitian yang digunakan adalah kue kamir dengan ragi alami ekstrak buah jambu air cincalo merah sebanyak 40%, 50%, dan 60%. Uji organoleptik dilakukan pada 30 panelis tidak terlatih. Berdasarkan Pengujian hipotesis statistik menggunakan uji Friedman dengan taraf α =0,05 menunjukkan bahwa aspek warna, aroma, tekstur dan rasa menerima H0 yang artinya tidak ada pengaruh penggunaan ragi alami ekstrak buah jambu air cincalo merah dengan persentase 40%, 50%, dan 60% pada pembuatan kue kamir terhadap daya terima konsumen. Namun, pada aspek volume menerima H1 yang artinya terdapat pengaruh penggunaan ragi alami ekstrak buah jambu air cincalo merah dengan persentase 50% dan 60%, maka dilanjutkan pada pembuatan kue kamir terhadap daya terima konsumen. Kesimpulan hasil penilaian organoleptik yang paling disukai dari aspek volume, warna, aroma, tekstur, dan rasa adalah kue kamir dengan penggunaan ragi alami ekstrak buah jambu air cincalo merah pada pembuatan kue kamir dengan persentase 50% dan 60% oleh panelis. Kata kunci : Ragi Alami, Kue Kamir, Ekstrak Buah Jambu Air Cincalo Merah, Daya Terima Konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. I Gusti Ayu Ngurah S, MM 2) Dra. Sachriani M.Kes
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 11674 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:12
Last Modified: 27 Aug 2021 03:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17842

Actions (login required)

View Item View Item