DHIKA DWI ATMAJI, . (2021) PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MUSIK DI SMAN 1 MUARA ENIM SUMATERA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (439kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (339kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran musik pada SMAN 1 Muara Enim, Sumatera Selatan. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Waktu penelitian dilakukan dari bulan maret–juni 2021. Data yang dikumpulkan berupa wawancara, kajian pustaka, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi TikTok dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran musik. Dalam pemanfaatan aplikasi TikTok terdapat langkah dan metode yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu terdapat efek positif dalam pemanfaatan aplikasi TikTok di SMAN 1 Muara Enim, yaitu: Pertama bagi guru dengan penggunaan aplikasi TikTok lebih mudah memotivasi peserta didik, menganalisis peserta didik, menyampaikan materi, serta sebagai bentuk partisipasi guru dalam kegiatan merdeka belajar. Kedua penggunaan aplikasi TikTok dapat membuat peserta didik lebih percaya diri, antusias, mengapresiasi karya temannya, meningkatkan kemampuan teknologi, dan menjadi lebih interaktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Ketiga bagi sekolah aplikasi TikTok dapat menjadi salah satu langkah sekolah dalam partisipasi dalam kebijakan merdeka belajar, serta menjadi sarana promosi bagi pihak sekolah. The purpose of this study is to describe the TikTok application as a music learning media from SMAN 1 Muara Enim, south of sumatra. The research method used was a descriptive qualitative research method. The time of this research was conducted from march to june. Data collected were the result of interviews, literature, observation, and documentation. The results of this study indicate that the TikTok application can be used as a music learning medium. In the application of TikTok, there are appropriate steps and methods to achieve learning objectives. In addition, there is a positive effect in the use of TikTok at SMAN 1 Muara Enim, namely the first for teachers with the TikTok application it is easier to motivate students, analyze students, deliver material, and as a form of teacher participation in Kebijakan Merdeka Belajar. Second, the use of the TikTok application can make students more confident, enthusiastic, appreciate the work of their friends, improve technology skills, and become more interactive in participating in learning activities. The three TikTok application schools can be one of the steps for schools to participate in Kebijakan Merdeka Belajar, as well as become a means of promotion for the school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dian Herdiati, M.Pd. ; 2). Raden Mas Aditya Andriyanto, S.Pd.,M.Sn. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Users 11296 not found. |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 02:52 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 02:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18035 |
Actions (login required)
View Item |