EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN PPKN (STUDI KUALITATIF PADA SISWA KELAS X DI SMAN 54 JAKARTA)

AMELIA NOVIANTI AGUSTIN, . (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN PPKN (STUDI KUALITATIF PADA SISWA KELAS X DI SMAN 54 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (911kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Amelia Novianti Agustin. Efektivitas Pembelajaran daring pada Pembelajaran PPKN (Studi Kualitatif pada Siswa Kelas X SMAN 54 Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas PJJ pada Pembelajaran PPKN dengan menggunakan platform Zoom dan Google Classroom di kelas X SMAN 54 Jakarta dan juga untuk mengetahui kendala dan solusi bagi pelaksanaan PJJ pada pembelajaran PPKn di kelas X SMAN 54 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juni. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan informan yaitu 10 siswa kelas X dan key informan yaitu Guru PPKN. Serta melakukan proses konfirmasi dengan seorang ahli yaitu dosen disalah satu perguruan tinggi negeri Indonesia. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Efektivitas pelaksanaan Pembelajaran daring pada pembelajaran PPKN di kelas X SMAN 54 Jakarta berdasarkan indikator InstructionaI Effectivenes dapat dilihat siswa mengikuti pembelajaran sesuai jadwal yang ditentukan, siswa tetap memahami materi pembelajaran, tepat waktu dalam mengikuti pembelajaran, waktu yang diberikan untuk pembelajaran sudah cukup, serta siswa tetap mencapai nilai KKM pada Pembelajaran PPKN. 2) Kendala pelaksanaan Pembelajaran daring pada pembelajaran PPKN di SMAN 54 Jakarta yaitu sering kali mengalami koneksi internet yang buruk sehingga membuat terhambatnya penerimaan materi pembelajaran ataupun mengumpulkan tugas, sebagai solusinya guru mengantisipasi dengan sering mengunggah materi pada Google Classroom agar siswa dapat membaca materi kapan saja. guru memberikan toleransi waktu pengumpulan tugas, dan dispensasi 10 menit terlambat mengikuti Zoom. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran daring, PPKN ABSTRACT Amelia Novianti Agustin. The Effectiveness of E-Learning in PPKN Learning (Qualitative Study on Class X Students of SMAN 54 Jakarta). Thesis. Jakarta: Major in Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2021. This research aims to find out how the effectiveness of E-Learning in Civics Learning using the Zoom and Google Classroom platforms in class X SMAN 54 Jakarta and also to find out the obstacles and solutions for implementing E-Learning in Civics learning in class X SMAN 54 Jakarta. The research method used is descriptive qualitative research method. This research was conducted in May-June. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews, and documentation. Interviews were conducted with informants, namely 10 students of class X and key informant, namely PPKN teachers. As well as conducting a confirmation process with an expert, namely a lecturer at one of the Indonesian state universities. The results of this study shows that 1) The effectiveness of the implementation of E-learning in PPKN learning in class X SMAN 54 Jakarta based on the InstructionaI Effectiveness indicator can be seen that students follow the lesson according to the specified schedule, students still understand the learning material, the time allotted for learning is sufficient and students still achieve the KKM value in Civics Learning. 2) Obstacles in implementing E-learning in PPKN learning at SMAN 54 Jakarta are often experiencing poor internet connections so that it makes it difficult to receive learning materials or collect assignments, as a solution the teacher anticipates by frequently uploading material on Google Classroom so that students can read the material anytime . the teacher tolerates the time for collecting assignments, and a 10-minute dispensation for being late for Zoom. Keywords: Effectiveness, E-Learning, PPKN

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Hj. Etin Solehatin, M.Pd. ; 2) Asep Rudi Casmana, S.Pd, MA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 11759 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2021 05:59
Last Modified: 28 Aug 2021 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18036

Actions (login required)

View Item View Item