EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JEPANG KELAS XI IPS MAN 13 JAKARTA

YUDHA MADE PUTRA, . (2014) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JEPANG KELAS XI IPS MAN 13 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRA~1.PDF

Download (332kB)
[img] Text
Bab 1-5 revisi.pdf

Download (673kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (478kB)
[img] Text
Lampiran 7- 8.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat dan efektif merupakan salah satu kendala yang sering dialami oleh para guru di dalam menerapkan pembelajaran tertentu, tidak terkecuali di dalam pembelajaran bahasa Jepang. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk mengajarkan bahasa Jepang dengan menggunakan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap keterampilan berbicara bahasa Jepang di kelas XI IPS MAN 13 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 13 Jakarta dan sampel penelitian berjumlah 48 orang siswa. 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan sebanyak empat kali pertemuan di kelas eksperimen dan empat kali pertemuan di kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes (pre-test dan post-test) bahasa Jepang sebanyak 8 soal. Selain itu, digunakan juga instrumen berupa angket yang berisi 15 pertanyaan. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil tes keterampilan berbicara bahasa Jepang pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,54. Sedangkan hasil tes kemampuan bahasa Jepang pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 60,21. Nilai thitung yang diperoleh adalah 9,84 sedangkan nilai ttabel adalah 2,02 untuk derajat db = 5% dan 2,69 untuk derajat db = 1%. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel, maka terdapat efektivitas terhadap penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap keterampilan berbicara bahasa Jepang siswa kelas XI IPS MAN 13 Jakarta. Hal ini menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Jepang dengan menggunakan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) lebih efektif dengan nilai rata-rata normalized gain sebesar 0,65 dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah dengan nilai rata-rata normalized gain sebesar 0,19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. H. Sudjianto, M.Hum. 2). Nia Setiawati, M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 22 Nov 2019 16:38
Last Modified: 22 Nov 2019 16:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item View Item