PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS DAN EFEKTIVITAS WAKTU BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA JURUSAN IPS SMAN 21 BEKASI

FATMALIDA KHOIRUNNISA, . (2021) PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS DAN EFEKTIVITAS WAKTU BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA JURUSAN IPS SMAN 21 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (695kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy

Abstract

SMAN 21 Bekasi memiliki problematika gedung sekolah yang belum bisa digunakan karena hanya ada tiga rombongan belajar tanpa fasilitas sekolah pelengkap lain. Kondisi tersebut menyebabkan SMAN 21 Bekasi memakai gedung SDN 3 dan 4 Jatimakmur. Konsekuensinya, mengakibatkan waktu belajar di SMAN 21 Bekasi dimulai pada siang hingga sore hari yaitu pukul 12.00 WIB s.d 17.30 WIB, karena harus bergantian dengan waktu sekolah SDN 3 dan 4 Jatimakmur. Terkait hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh ketersediaan fasilitas sekolah dan efektivitas waktu belajar di sekolah terhadap tingkat motivasi belajar sosiologi siswa jurusan IPS SMAN 21 Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Variabel pada penelitian ini yaitu, tingkat motivasi belajar (variabel Y), ketersediaan fasilitas sekolah (X1) dan efektivitas waktu belajar di sekolah (X2). Pengumpulan data, analisis, dan penulisan laporan skripsi dimulai pada bulan Juli 2020 sampai bulan Januari 2021. Teknik sampling yang digunakan ialah non probability dengan jenis purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 95 siswa kelas 11 jurusan IPS SMAN 21 Bekasi dari populasi siswa jurusan IPS SMAN 21 Bekasi pada tahun ajaran 2020/2021. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner yang terdiri dari 78 butir pertanyaan melalui google form. Pengolahan dan analisis data menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan SPSS 25. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, dalam hal ini bertumpu pada analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai uji regresi linear berganda yaitu Y = 24.121 – 1.182X1 + 0.613X2. Secara parsial ketersediaan fasilitas sekolah berpengaruh terhadap tingkat motivasi belajar sosiologi siswa jurusan IPS SMAN 21 Bekasi, dengan nilai t hitung 4.047 > t tabel 1.986 dan signifikansi 0.000 < 0.05. Secara parsial untuk efektivitas waktu belajar di sekolah berpengaruh terhadap tingkat motivasi belajar sosiologi siswa jurusan IPS SMAN 21 Bekasi, dengan t hitung 4.906 > t tabel 1.986 dan signifikansi 0.000 < 0.05. Selanjutnya, secara simultan ketersediaan fasilitas sekolah dan efektivitas waktu belajar berpengaruh terhadap tingkat motivasi belajar sosiologi siswa jurusan IPS SMAN 21 Bekasi, dengan Fhitung sebesar 73.925 > 3.10 dan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05. Dengan demikian variabel ketersediaan fasilitas sekolah dan efektivitas waktu belajar di sekolah berpengaruh terhadap variabel tingkat motivasi belajar sebesar 61.8%, sedangkan sisanya sebesar 38.2% dipengaruhi oleh variabel lain. SMAN 21 Bekasi has a problem with the school building that cannot be used because there are only three study groups without other complementary school facilities. This condition causes SMAN 21 Bekasi to use the SDN 3 and 4 Jatimakmur buildings. As a consequence, learning time at SMAN 21 Bekasi starts in the afternoon until the afternoon, which is 12.00 WIB to 17.30 WIB, because they have to alternate with school time at SDN 3 and 4 Jatimakmur. Related to this, this study aims to measure the effect of the availability of school facilities and the effectiveness of learning time at school on the level of motivation to learn sociology of social studies majors at SMAN 21 Bekasi. This study uses a quantitative approach with a survey method. The variables in this study are the level of learning motivation (variable Y), the availability of school facilities (X1) and the effectiveness of learning time at school (X2). Data collection, analysis, and thesis report writing begins in July 2020 until January 2021. The sampling technique used is non- probability with purposive sampling type. The sample of this study consisted of 95 grade 11 students majoring in Social Studies at SMAN 21 Bekasi from the population of students majoring in Social Studies at SMAN 21 Bekasi in the academic year 2020/2021. The data collection process was carried out by distributing questionnaires consisting of 78 questions via google form. Processing and analyzing data using Microsoft Excel and SPSS 25 applications. Data analysis techniques used descriptive and inferential analysis, in this case based on multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that the multiple linear regression test value is Y = 24,121 – 1.182X1 + 0.613X2. Partially, the availability of school facilities has an effect on the level of motivation to learn sociology for students majoring in Social Studies at SMAN 21 Bekasi, with a t-count value of 4.047 > t-table 1.986 and a significance of 0.000 <0.05. Partially, the effectiveness of learning time in school affects the level of motivation to learn sociology for students majoring in Social Studies at SMAN 21 Bekasi, with t count 4,906 > t table 1,986 and a significance of 0.000 < 0.05. Furthermore, simultaneously the availability of school facilities and the effectiveness of learning time affect the level of motivation to learn sociology of students majoring in Social Studies at SMAN 21 Bekasi, with an Fcount of 73,925 > 3.10 and a significant value of 0.000 < 0.05. Thus, the variable availability of school facilities and the effectiveness of learning time at school affect the variable level of learning motivation by 61.8%, while the remaining 38.2% is influenced by other variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prima Yustitia Nurul Islami, S.KPm., M.Si ; 2. Suyuti, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 11052 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:56
Last Modified: 06 Jul 2022 04:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18213

Actions (login required)

View Item View Item