PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR (PENELITIAN TINDAKAN DI KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR JAKAPERMAI 6 BEKASI)

ANGGANI RARAS DHYAKSA GOZALI, . (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR (PENELITIAN TINDAKAN DI KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR JAKAPERMAI 6 BEKASI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Cerita Bergambar dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa Kelas VII SMP Islam Al Azhar Jakapermai. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Al Azhar Jakapermai pada siswa kelas VII Semester II pada bulan Februari hingga April 2020.Sedangkan metode Penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang merupakan salah satu upaya guru dalam menciptakan perbaikan berkesinambungan. Model PTK yang digunakan adalah Model Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes hasil belajar yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam memahami Bahasa Arab. Observasi yang digunakan sesuai dengan format observasi untuk mengukur kinerja guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil yang didapat dari penelitian ini, diperoleh nilai rata-rata siklus I yaitu 80 meningkat dari hasil pre-test yaitu 70. Dan nilai rata-rata siklus II yaitu 90 meningkat dari hasil siklus I yaitu 80. Dimana terjadi peningkatan hasil pre-test ke siklus I sebanyak 10. Sedangkan peningkatan hasil dari siklus II ke siklus I sebanyak 10. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara dengan menggunakan media pembelajaran cerita bergambar pada siswa kelas VII SMP Islam Al Azhar Jakapermai. Dari penelitian ini juga bisa disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab menggunakan cerita bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga, guru bisa menggunakan metode pembelajaran alternatif ini dalam mengajar pelajaran Bahasa Arab. Murid juga merasakan kemudahan mempelajari Bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran tersebut. The purpose of this research is to find out the effectiveness of Storyboard in improving Arabic Speaking Skills for students’ class VII SMP Islam Al Azhar Jakapermai. This research was carried on SMP Islam Al Azhar Jakapermai for student’s class VII semester 2019-2020 at February until April 2020. The Research method used in this research is Classroom Action Research (PTK), this research is one of the teacher’s efforts in creating continuous improvement. The model used is a model of PTK Kemmis and Mc Taggart consisting of planning, action, observation and reflection. The instruments were used are test result of study and observation. The learning outcome of test is used to measure student’s success in understanding Arabic. Observation format were used according to measure the performance of student and teacher in learning. Based on the result of this research were obtained the average value of first cycle was 80; it was increased from the result of the pretest which was 70. And the average value of second cycle was 90, it was increased from the results of first cycle was 80. The pretest results increased 10 from the result of first cycle. The increase in result from cycle I to cycle II was 10. The result obtained from this research; researchers conclude that there was an increase in the learning outcomes of Arabic Speaking Skills using Storyboard for student class VII SMP Islam Al Azhar Jakapermai. The result of this research can also be concluded that learning Arabic using Storyboard can improve student’s learning outcomes. So, the teacher may use this alternative learning methods in teaching Arabic. Students also find it easy to learn Arabic by using these learning media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nuruddin MA ; 2). Hendrawanto M.Pd,MA
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 11216 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 05:58
Last Modified: 31 Aug 2021 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18227

Actions (login required)

View Item View Item