HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DENGAN PENINGKATAN KETERAMPILAN GEOGRAFIS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 7 JAKARTA

FAJRI REVANDY PUTRA, . (2021) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DENGAN PENINGKATAN KETERAMPILAN GEOGRAFIS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dengan peningkatan keterampilan geografis peserta didik jenjang SMA kelas XII IPS. Penelitian ini merupakan studi pre-eksperimen yang dilakukan di SMAN 7 Jakarta, dengan peserta didik pada kelas XII IPS 3. Model pembelajaran Project Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai inti pembelajaran. Sedangkan keterampilan geografis adalah suatu sarana yang dapat membantu seseorang untuk dapat berpikir secara sistematis dari sebuah permasalahan dengan pendekatan geografi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen. Pada materi Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis, kelas XII IPS 3 menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Data yang diperoleh berasal dari nilai hasil karya tulis ilmiah dan nilai hasil observasi. Kegiatan pembelajaran ditempuh selama 4 pertemuan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dibagi menjadi 3, yaitu uji instrumen, uji persyaratan analisis data, dan uji analisis data. Setelah instrumen penelitian sudah melewati uji validitas dan uji reliabilitas, dan data telah dinyatakan normal dan linier, data memasuki uji analisis data. Analisis yang dilakukan adalah uji korelasi dengan menggunakan Pearson Product Moment (r). Berdasarkan dari hasil pengujian data yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dari penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan geografis siswa tingkat SMA kelas XII IPS 3 SMA Negeri 7 Jakarta. Dari uji korelasi menggunakan uji Pearson Product Moment (r) memperoleh skor r hitung 0.848 lebih besar dari r tabel 0.329 yang dalam kriteria hubungan yaitu sangat kuat. This study aims to determine the relationship of the use of the Project Based Learning learning model in improving the geographical skills of high school students in class XII IPS. This research is a pre-experimental study conducted at SMAN 7 Jakarta, with students in class XII IPS 3. Learning model Project Based Learning is a learning model that uses projects/activities as the core of learning. While geographic skills are a tool that can help someone to think systematically from a problem with a geographic approach. The research uses quantitative methods with a pre-experimental approach. In the material on Utilization of Maps, Remote Sensing, and Geographic Information Systems, class XII IPS 3 uses a project-based learning model. The data obtained comes from the value of scientific writing and the value of observations. The learning activities were carried out for 4 meetings. The technique used to analyze the data is divided into 3, namely instrument test, data analysis requirements test, and data analysis test. After the research instrument has passed the validity and reliability test, and the data has been declared normal and linear, the data enters the data analysis test. The analysis carried out is a correlation test using Pearson Product Moment (r). Based on the results of data testing that has been carried out, this study shows the results that there is a very strong relationship from the application of project-based learning models to improve the geographical skills of high school students in class XII IPS 3 SMA Negeri 7 Jakarta. From the correlation test using the Pearson Product Moment (r) test, the score r count is 0.848, which is greater than r table 0.329, which in the criteria of the relationship is very strong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Rayuna Handawati, S.Si, M.Pd 2. Dr. Ode Sofyan Hardi M.Pd, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 11529 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 00:54
Last Modified: 31 Aug 2021 00:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18349

Actions (login required)

View Item View Item