PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DIGITAL BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK SISWA KELAS XII SMA

RAHMA ROSALIANA SARASWATI, . (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DIGITAL BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK SISWA KELAS XII SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan keterampilan HOTS siswa dapat dilaksanakan dengan mengembangkan bahan ajar yang bisa menstimulasi siswa dalam mencari gagasan-gagasan solutif untuk menjawab permasalahan yang diberikan. Oleh sebab itu, penelitian ini mempunyai tujuan mengembangkan LKPD digital berbasis HOTS pada materi dimensi tiga untuk siswa kelas 12 SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (RND) dengan merujuk pada model ADDIE. Adapun tahapan pembelajaran pada media yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri atas 3 tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Persentase kelayakan LKPD digital berbasis HOTS pada materi dimensi tiga yang dikembangkan pada penelitian ini berdasarkan uji validasi ahli pembelajaran yaitu sebesar 75,00%, uji validasi ahli materi yaitu sebesar 86,28%, uji validasi ahli media sebesar 95,10%, uji coba pengguna oleh guru sebesar 87,14%, uji coba pengguna oleh siswa pada kelompok kecil yaitu sebesar 90,05%, dan uji coba pengguna oleh siswa pada kelompok besar yaitu sebesar 88,21%. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut tersebut maka didapatkan persentase nilai rata-rata kelayakan media sebesar 86,96% atau jika interpretasikan maka LKPD digital berbasis HOTS pada materi dimensi tiga ini tergolong sangat layak untuk dijadikan sebagai media belajar bagi guru dan siswa. Kata Kunci : Dimensi Tiga, HOTS, LKPD. ************** The HOTS development process can be done by developing teaching materials that can stimulate students in finding creative ideas to solve the problems given. Therefore, this study aims to develop HOTS-based digital worksheets on three-dimensional material for class 12 high school students. The method used in this study is the research and development (RND) method with reference to the ADDIE model. The design of the HOTS-based digital worksheet on three-dimensional material consists of 3 stages, namely introduction, core activities, and closing. The percentage of HOTS-based digital LKPD eligibility on three-dimensional material based on the learning expert validation test is 75.00%, the material expert validation test is 86.28%, the media expert validation test is 95.10%, the user trial by the teacher is 87.14%, user trials by students in small groups amounting to 90.05%, and user trials by students in large groups amounting to 88.21%. Based on the results of the evaluation, it is obtained that the average percentage of media feasibility is 86.96% or if interpreted, the HOTS-based digital LKPD on three-dimensional material is classified as very feasible to be used as a learning medium for teachers and students. Keywords : Three Dimension, HOTS, Worksheet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Makmuri, M.Si.; 2). Dr. Ellis Salsabila, M.Si.;
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 11754 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:16
Last Modified: 06 Sep 2021 02:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18385

Actions (login required)

View Item View Item