PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ (PENELITIAN TINDAKAN di SMP ISLAM PB SOEDIRMAN JAKARTA)

SUCI FITRIATUN NISA, . (2021) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ (PENELITIAN TINDAKAN di SMP ISLAM PB SOEDIRMAN JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab dengan media Quizizz pada kelas 9 di SMP Islam PB Soedirman Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam PB Soedirman Jakarta pada kelas 9 semester I Tahun Ajaran 2020 – 2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dan instrumen yang digunakan adalah tes pada setiap siklus dan observasi. Tes hasil belajar yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam memahami kosakata Bahasa Arab. Observasi yang digunakan sesuai format observasi untuk mengukur kinerja guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah: nilai rata-rata peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab pada nilai pra siklus adalah 76.5, nilai ujian siklus I adalah 76.75, dan nilai ujian siklus II yaitu 81.25. Terdapat peningkatan nilai dari pretest ke ujian siklus 1 yaitu 0.25%, dan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 4.5%. Jumlah hasil peningkatan di penelitian ini adalah 4.75%. Dan peneliti menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab dengan menggunakan media Quizizz pada siswa kelas 9 di SMP Islam PB Soedirman Jakarta. ************ The purpose of this research is to improve the mastery of Arabic vocabulary with Quizizz media in grade 9 at Islamic Junior High School PB Soedirman, Jakarta. This research was carried out at Islamic Junior High School PB Soedirman, Jakarta in class 9 semester I of 2020 – 2021 Academic Year. This type of this research is Classroom Action Research, which is conducted with two cycles. The model used is a model of PTK Kemmis and Mc Taggart model which consists of planning, implementation, action, observation and reflection. And the instrument used are test on each cycle and observation. Learning outcomes tests used to measure students' success in understanding the Arabic vocabulary. Observations format is used according to measure the performance of teacher and student in learning. The results obtained in each cycle are: the average value of Arabic vocabulary mastery increase in pre-cycle value is 76.5, and the value of the first cycle test is 76.75, and the value of the second cycle test is 81.25. There is an increase in the value from pretest to the first cycle test which is 0.25%, and the increase from the first cycle to the second cycle is 4.5%. The number of results of the increase in this research was 4.75%. And the researchers concluded that there is a growing mastery of the vocabulary of the Arabic Language by using Quizizz media in grade 9 students at Islamic Junior High School PB Soedirman, Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. ; 2). Dr. Muhammad Kamal, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 11540 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:42
Last Modified: 06 Sep 2021 06:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18419

Actions (login required)

View Item View Item