PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT UNTUK SISWA KELAS X SMA/SMK

ANGGIE INDAH PUTRI, . (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT UNTUK SISWA KELAS X SMA/SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran keterampilan menulis teks anekdot dengan strategi critical incident. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk model pembelajaran yang dihasilkan terdiri atas pendahuluan, rancangan pelaksanaan pembelajaran, materi pembelajaran, lembar kerja siswa, dan instrumen penilaian hasil belajar tentang menulis teks anekdot. Model pembelajaran dengan strategi critical incident ini bertujuan untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Uji coba keterbacaan produk dilaksanakan di SMA Negeri 21 Jakarta secara daring dengan melibatkan 10 siswa kelas X. Model pembelajaran dengan strategi critical incident ini telah melalui validasi oleh ahli desain pembelajaran dengan rata-rata persentase skor sebesar 82,5%. Hasil penilaian oleh ahli materi pembelajaran diperoleh rata-rata persentase skor sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian oleh guru bahasa Indonesia diperoleh rata-rata persentase skor sebesar 88,75%, serta hasil penilaian akhir oleh siswa diperoleh rata-rata persentase skor sebesar 90,25% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa produk model pembelajaran dengan strategi critical incident ini layak untuk digunakan pada proses pembelajaran menulis teks anekdot. This research aims to develop a learning model of anecdotal text writing skills with critical incident strategies. The research method used is Research and Development (R&D) using the ADDIE development model consisting of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The resulting learning model product consists of introductions, learning implementation plans, learning materials, student worksheets, and assessment instruments of learning outcomes on anecdotal text writing. This learning model with a critical incident strategy aims to help students achieve their learning goals well. The product readability trials were conducted at SMA Negeri 21 Jakarta online involving 10 grade X students. This learning model has been validated by learning design experts with an average score percentage of 82.5%. The assessment results by experts of learning materials obtained an average percentage score of 90% with an excellent category. The assessment results by Indonesian teachers obtained an average percentage score of 88.75%, as well as final assessment results by students obtained an average score percentage of 90.25% with excellent categories. Thus, it can be concluded that this research shows that the product of the learning model with critical incident strategy is feasible to be used in the learning process of anecdotal text writing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. ; 2). Dr. Edi Puryanto, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 10881 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:28
Last Modified: 22 Aug 2022 05:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18489

Actions (login required)

View Item View Item