Penerapan Permainan Kelompok untuk Meningkatkan Disiplin Siswa-Siswi MTs Nurussaadah

FAJAR RIZALDI, . (2016) Penerapan Permainan Kelompok untuk Meningkatkan Disiplin Siswa-Siswi MTs Nurussaadah. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK DAN DAFTAR ISI .pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (40kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan kelompok untuk meningkatkan disiplin siswa-siswi kelas VIII-1 MTs Nurussaadah. Tempat penelitian dilaksanakan di MTs Nurussaadah yang beralamat di Jalan Poltangan Raya no. 25 Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 3 Desember 2015 s/d 21 Desember 2015. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode action research, metode penelitian ini berkembang bersama-sama antara peneliti dan kolabolator untuk menentukan kebijakan dalam setiap peningkatan aspek pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 MTs Nurussaadah. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 28 orang siswa kelas VIII-1 MTs Nurussaadah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan semua anggota populasi atau yang disebut juga dengan total sampling. Dari hasil yang di dapat di lapangan dengan memerlukan 2 siklus dan mendapatkan hasil sebagai berikut: Penerapan permainan kelompok untuk meningkatkan disiplin siswa-siswi kelas VIII-1 MTs Nurussaadah 1) Kesadaran dengan kategori baik 60,72% sebanyak 17 orang, kategori cukup 39,28% sebanyak 11 orang, dan kategori kurang 0% atau nihil. 2) Taat dengan kategori baik 96,43% sebanyak 27 orang, kategori cukup 3.57% sebanyak 1 orang, dan kategori kurang 0% atau nihil. 3) Tertib dengan ii kategori baik 57,14% sebanyak 16 orang, kategori cukup 42,86% sebanyak 12 orang, dan kategori kurang 0% atau nihil. 4) Tanggung Jawab dengan kategori baik 35,72% sebanyak 10 orang, kategori cukup 53,57% sebanyak 15 orang, dan kategori kurang 10,71% sebanyak 3 orang. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan disiplin siswa dari penerapan permainan kelompok terhadap disiplin siswa-siswi kelas VIII-1 MTs Nurussaadah pada siklus 1 dan hasil yang baik baru didapatkan pada siklus 2. Karena hasil yang paling banyak di dapat dari keseluruhan disiplin siswa pada siklus 2 kelas VIII-1 MTs Nurussaadah berada pada kategori baik, yang berarti disiplin mereka sudah baik dan dari hasil penelitian ini diharapkan kegiatan seperti permainan kelompok harus rutin dilakukan, karena untuk mengubah diri menjadi disiplin seseorang harus membiasakan diri disiplin dalam berbagai aspek di kehidupan sehari-hari baik disekolah, dirumah atau dimanapun siswa itu melakuan aktifitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd ; 2). Fajar Vidya Hartono, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 26 Nov 2019 10:18
Last Modified: 26 Nov 2019 10:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item View Item