KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL VIDEO DAN FOTO (VIFO) PADA SISWA TUNANETRA LOW VISION KELAS XI SMA DI SLB A & A+ (GANDA) ELSAFAN

ELSA MONICA, . (2021) KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL VIDEO DAN FOTO (VIFO) PADA SISWA TUNANETRA LOW VISION KELAS XI SMA DI SLB A & A+ (GANDA) ELSAFAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (713kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data mengenai kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa tunanetra low vission kelas XI di SMA SLB A&A+ (Ganda) Elsafan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi kasus dengan metode kualitatif deskriptif. Fokus dalam penelitian ini ialah kemampuan berbahasa siswa tunanetra low vision dan subfokus pada penelitian ini ialah kemampuan menulis teks cerita pendek siswa tunanetra low vision. Objek penelitian ini ialah siswa tunanetra low vision di SMA SLB A&A+ (Ganda) Elsafan yang berjumlah satu siswa. Penelitian ini dilakukan mulai dari bulan Desember 2020 hingga Januari 2021. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa tunanetra low vision sudah cukup baik. Siswa tunanetra low vision dapat menuliskan ide cerita yang ditentukan, hanya saja siswa memiliki beberapa kendala dalam penulisan dalam pengetikan cerita. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis untuk siswa tunanetra low vision. The result of this research is to describe data on the ability to write short story texts for low vision blind students in class XI at SMA SLB A&A+ (Ganda) Elsafan. This research was conducted with a case study using a descriptive qualitative method. The focus in this research is the language skills of low vision blind students, with subfocus is their ability to write short story texts. The object of this research is a low vision blind student at SMA SLB A&A+ (Ganda) Elsafan. This research start from December 2020 until January 2021. Data collection techniques used in this research are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used in this research are data reduction, data display, and conclusion/ verification. The result of this research indicate that the writing ability of low vision blind students is quite good. The student can write a simple story, but they haven’t been able to make a short story with a good structure. The result of this research can be implied in the form of a reading and writing lesson plan for low vision blind students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd ; 2). Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 11339 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:52
Last Modified: 01 Sep 2021 04:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18519

Actions (login required)

View Item View Item