PENGARUH MEME SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG DALAM MATA KULIAH NIHONSHI

ADIL ACHMAD RAMDAN, . (2021) PENGARUH MEME SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG DALAM MATA KULIAH NIHONSHI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover - Abstrak.pdf

Download (530kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan - Abstrak fix.pdf

Download (762kB)
[img] Text
3. Isi (bab 1 - 3).pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. Daftar pustaka - Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract: This paper was written with the aim of knowing the effect of using meme media in learning Nihonshi. Nihonshi learning that requires new innovations in learning is due to the lack of students' ability to process learning media which then makes it difficult for students to remember the material so the author decided to conduct research on the use of memes as a supporting medium in learning. This study uses a quantitative method with a sample of 21 students who took Nihonshi courses in semester 113 and used direct observation in lectures and through pre-test and post-test for five meetings. Based on the results of the questionnaire as an initial research step, it is known that the meme media in learning is a new thing that is quite liked by students who are still teenagers. The results of this study prove that 71.9% of all students agree that the 19 memes used are suitable as learning media. From the results of the pre-test and post-test, it was also seen that the average score of students increased from 30.6% to 37.4% after using the meme supporting media. Keywords: learning media, meme, nihonshi. *********** Abstrak: Makalah ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media meme dalam pembelajaran Nihonshi. Pembelajaran Nihonshi yang membutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran dikarenakan kurangnya kemampuan mahasiswa dalam mengolah media belajar yang kemudian membuat mahasiswa kesulitan dalam mengingat materi sehingga penulis memutuskan untuk melakukan penelitian penggunaan meme sebagai media pendukung dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Nihonshi di semester 113 sebanyak 21 orang dan menggunakan metode observasi langsung di dalam perkuliahan dan melalui pre-test dan post-test selama lima pertemuan. Berdasarkan hasil kuesioner sebagai langkah penelitian awal diketahui bahwa media meme dalam pembelajaran merupakan hal baru yang lumayan disukai oleh para mahasiswa yang notabene masih remaja. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 71.9% dari seluruh mahasiswa setuju bahwa 19 meme yang digunakan cocok sebagai media pembelajaran. Dari hasil pre-test dan post-test juga terlihat peningkatan skor rerata mahasiswa dari 30.6% menjadi 37.4% setelah menggunakan media pendukung meme. Kata kunci: Media pembelajaran, meme, nihonshi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Frida Philiyanti, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 11731 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:57
Last Modified: 02 Sep 2021 07:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18576

Actions (login required)

View Item View Item