MODEL MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN PROGRAM LECTORA INSPIRE (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA)

MAYA LUTFIANI, . (2021) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN PROGRAM LECTORA INSPIRE (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran dalam pengajaran Bahasa Arab menggunakan program Lectora Inspire untuk siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Media ini terdiri dari 4 judul materi pada buku pendidikan bahasa Arab SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan berdasarkan Model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, Evaluation), Peneliti membatasi langkah metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan langkah: Analisis kebutuhan Siswa, Desain dan Pengembangan media pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Arab menggunakan program Lectora Inspire di kelas X, serta Penilaian produk oleh ahli review. Hasil penelitian menunjukkan tiga langkah dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan program Lectora Inspire: (1) Menganalisis kebutuhan siswa dari tiga puluh siswa, diperoleh hasil 856,8% tertarik menggunakan program Lectora Inspire dalam pengajaran Bahasa Arab, (2) Merancang media pembelajaran program Lectora Inspire dengan menentukan desain bahan ajar dan membuat storyboard. (3) Pengembangan media pembelajaran menggunakan program Lectora Inspire untuk mengubah komponen-komponen seperti materi, penilaian, gambar, dan audio dalam model e-learning dan IndoWebsite untuk mempublikasikan atau mengekspor model pembelajaran ke situs host. (4) Tahap akhir dari pengembangan ini adalah pasca produksi. Dimana kegiatan tersebut merupakan review dan evaluasi terhadap media yang telah dihasilkan. Tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan program Lectora Inspire berdasarkan penilaian: (1) Ahli Materi diperoleh rerata presentase skor 92% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, (2) Ahli Media diperoleh rerata presentase skor 98,4% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka media pembelajaran menggunakan program Lectora Inspire layak digunakan sebagai media pembelajaran. This study aims to develop learning media in teaching Arabic using Lectora Inspire program products for class X students at SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. The media consists of 4 material titles in Arabic language education books at SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. The method used in this research is a development method based on the ADDIE Model ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation ). Researchers limit the steps of the methods used in this research, namely : Analysis of student needs, design and development learning media using lectora inspire program instructional media for teaching Arabic in class X, as well as product assessment by review experts. The results showed three steps in the making of moving image educational media: (1) Analyzing the student needs of thirty students, the results obtained were 856,8% interested in using lectora Inspire program as a medium in teaching Arabic, (2) Designing learning media lectora inspire program by teaching material design and create storyboards. (3) Development of learning media using lectora inspire program to modify components such as materials, assessments, images, and audio in the e-learning model and IndoWebsite to publish or export the learning model to the host site. (4) The final stage of this development is post-production. Where the activity is the review and evaluation of the medium that has been produced. The feasibility level of learning media using lectora inspire program is based on the following assessments: (1) Material Experts obtained an average percentage score of 92% which is included in the Very Appropriate category, (2) Media Experts obtained an average percentage score of 98,4% which is included in the Very Appropriate category. Thus, the learning media using lectora inspire program is suitable for use as a learning medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd ; 2). Andri Ilham, S.S., M.A.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 11306 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:22
Last Modified: 01 Sep 2021 07:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18591

Actions (login required)

View Item View Item