RANIA PATRICIA MERRY, . (2021) MEMBACA NOTASI BALOK DENGAN METODE MIRROR READING DALAM PEMBELAJARAN PIANO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (728kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (326kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan variasi metode membaca notasi balok konvensional dan mengenalkan metode mirror reading terutama pada pengaplikasian membaca partitur dalam pembelajaran piano. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, studi Pustaka, dokumentasi dan observasi. Penelitian dilakukan secara daring di rumah masing-masing melalui media daring Whatsapp maupun Zoom Meeting dan secara laring di tempat kediaman Bu Tetty Chrisdiana Manik dalam kurun waktu 4 bulan dimulai dari bulan (Maret sampai Juni 2021). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode mirror reading dalam membaca notasi balok bisa dilakukan sebagai variasi metode membaca notasi balok seperti yang sudah diaplikasikan oleh Ibu Tetty Chrisdiana Manik. Namun metode yang digunakan dalam pembelajaran piano yang dilakukan oleh Ibu Tetty tetap sama seperti pembelajaran piano pada umumnya yaitu dengan metode tanya jawab, diskusi, ceramah, demonstrasi dan eksperimen, pemberian tugas, pemberian latihan dan lain sebagainya sehingga mirror reading menjadi variasi baru dalam pembelajaran piano. Mirror reading memiliki aturan dan elemen dasar yang sama dengan teks biasa. Pada tahap awal pembelajaran piano, Ibu Tetty Chrisdiana Manik akan mengenalkan partitur konvensional terlebih dahulu sebagai tahap pra membaca notasi balok. Selanjutnya apa anak dirasa sudah mengerti tahap pra membaca notasi balok tersebut, Ibu Tetty akan menganjurkan untuk membalik partiture yang dimiliki dengan cara mengambil gambar partiture tersebut atau memindainya, dan mengedit secara manual gambar tersebut dengan membaliknya secara cermin. Setelah mendapatkan partitur dalam bentuk cerminannya (terkadang selain diedit secara cermin, partitur juga di perbesar), Ibu Tetty akan menggunakan partiture tersebut sebagai bahan membaca anak. Dimulai dari kanan atas, menuju kiri bawah. Namun aturan membacanya sama dengan membaca notasi balok pada umumnya. Namun, dikarenakan pembalikan cermin yang aterjadi, maka berdampak para arah membaca yang berbeda yaitu dari kanan atas menuju kiri bawah. The purpose of this study was to develop a variety of methods for reading conventional block notation and introduce the mirror reading method, especially in the application of score reading in piano lessons. The research method used is descriptive qualitative research method. The process of collecting data using interview techniques, library studies, documentation and observation. The research was conducted online at their respective homes through online media Whatsapp and Zoom Meeting and online at the residence of Mrs. Tetty Chrisdiana Manik for a period of 4 months starting from March to June 2021. The results of this study indicate that the mirror reading method in reading block notation can be used as a variation of the method of reading block notation as has been applied by Mrs. Tetty Chrisdiana Manik. However, the method used in piano learning carried out by Mrs. Tetty remains the same as piano learning in general, namely by question and answer methods, discussions, lectures, demonstrations and experiments, giving assignments, giving exercises and so on so that mirror reading becomes a new variation in piano learning. Mirror reading has the same basic rules and elements as regular text. In the early stages of learning the piano, Mrs. Tetty Chrisdiana Manik will introduce conventional sheet music first as a pre-reading stage for block notation. Furthermore, if the child is deemed to have understood the pre-reading stage of the block notation, Mrs. Tetty will recommend turning the sheet music over by taking a picture of the sheet music or scanning it, and manually editing the picture by flipping it in a mirror. After getting the sheet music in the form of a mirror (sometimes, apart from being edited in a mirror, the score is also enlarged), Mrs. Tetty will use the sheet music as a child's reading material. Starting from the top right, going to the bottom left. But the rules for reading it are the same as reading block notation in general. However, due to the mirror reversal that occurred, it had an impact on different reading directions, namely from the top right to the bottom left.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Clemy Ikasari, M. Pd. ; 2). Gandung Joko Srimoko, M. Sn. |
Subjects: | Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Users 11090 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 07:48 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 07:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18871 |
Actions (login required)
View Item |