MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN TARI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

FENY MONICHA, . (2021) MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN TARI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.Pdf.pdf

Download (712kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (934kB)
[img] Text
Lampiran.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran tari untuk mengembangkan motorik kasar anak tunagrahita ringan, dan mendeskripsikan proses perkembangan motorik kasar anak tunagrahita melalui penerapan pembelajaran tari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research). Konsep-konsep yang digunakan untuk menjelaskan masalah penelitian ini adalah konsep kemampuan motorik kasar, konsep model pembelajaran langsung, konsep pembelajaran tari, konsep tunagrahita ringan. Hasil penelitian menjelaskan tentang penggunaan pembelajaran langsung berupa langkah-langkah pembelajaran, kelebihan dan kelemahan pembelajaran dan penerapan pembelajaran langsung pada pembelajaran tari. Menjelaskan juga proses perkembangan motorik kasar anak tunagrahita ringan, dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung pada pembelajaran tari dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita ringan karena kemampuan motorik kasar adalah kemampuan yang berhubungan dengan kegiatan otot dan fisik, dan kemampuan motorik kasar dan terlihat dari keterampilan siswa bergerak dalam menari, khususnya dalam pembelajaran tari. Kata kunci: Kemampuan Motorik Kasar, Model Pembelajaran Langsung, Tunagrahita Ringan, Pembelajaran Tari. ******** This study aims to describe the use of direct learning models in dance learning to develop the gross motor skills of mild mentally retarded children, and to describe the process of gross motor development of mentally retarded children through the application of dance learning. This study uses the research method used is a qualitative research with a library approach (library research). The concepts used to explain the problem of this research are the concept of gross motor skills, the concept of direct learning model, the concept of dance learning, the concept of mild mental retardation. The results of the study explain the use of direct learning in the form of learning steps, the advantages and disadvantages of learning and the application of direct learning to dance learning. It also explains the gross motor development process of mild mentally retarded children, and it can be concluded that the direct learning model in dance learning can develop the gross motor skills of mild mentally retarded children because gross motor skills are abilities related to muscle and physical activities, and gross motor skills and can be seen from skills students move in dancing, especially in learning dance. Keywords: Gross Motor Skills, Direct Learning Model, Mild Mental Disorders, Dance Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Elindra Yetti, M.Pd. ; 2). Tuteng Suwandi, S.Kar.,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 11195 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:58
Last Modified: 06 Sep 2021 06:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19095

Actions (login required)

View Item View Item