PEMBELAJARAN LAGU DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAVI UNTUK SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR.

BUNGA ANDHARA SARI, . (2021) PEMBELAJARAN LAGU DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAVI UNTUK SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimanakah hambatan dan keunggulan metode SAVI di dalam pembelajaran lagu untuk kelas IV dan V. Metode Penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu Kualitatif Deskriptif. Waktu penelitian telah dilakukan pada bulan September 2020 sampai dengan Juli 2021 secara daring. Tempat penelitian dilakukan di Perumahan Taman Bekasi Asri, Jl. Asri 11 Blok K17. Pengasinan, Rawalumbu. Bekasi Timur.Objek pada penelitian ini adalah Metode SAVI. Sumber data yang digunakan dalam metide penelitian yaitu, data primer dengan melakukan wawancara kepada pakar dan narasumber dan data sekunder yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan Studi Kepustakaan dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah Conten analysis. Selanjutnya menggunakan triangulasi data yaitu wawancara dengan pakar dan narasumber sehingga mendapatkan hasil dari penelitian ini. Hasil Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa metode SAVI dapat digunakan di dalam pembelajaran seni musik di SD dengan materi diantaranya pembelajaran lagu. Langkah-langkah pembelajaran SAVI yang diutarakan pada hasil penelitian ini dapat mendukung pembuktikan bahwa metode SAVI sesuai dengan apa yang dirancang Dave Meirer sang penemu metode SAVI ini yaitu dengan menggunakan Persiapan, Penyampaian, Pelatihan dan Penampil hasil. Dalam pelaksanaan metode SAVI ditemukannya hambatan peserta didik sulit diajak bergerak mengikuti irama lagu yang sesuai dengan ketukan, kebiasaan peserta didik yang tidak focus ketika harus mendengarkan penjelasan dan contoh langsung dari pendidik, serta tidak punya keterkaitan terhadap apa yang ditampilkan pendidik berupa notasi balok. dan terdapat keunggulan dalam penggunaan metode SAVI, yaitu membuat peserta didik lebih aktif dan kreatif secara individual maupun kelompok, serta lebih memahami apa yang sudah dipelajari pada hari tersebut dikarenakan pendidik menggunakan metode khusus di dalamnya. The purpose of this study was to find out how the obstacles and advantages of the SAVI method in learning songs for grades IV and V. The research method used by researchers in this study is descriptive qualitative. The research was conducted online from September 2020 to July 2021. The place of research was carried out at Taman Bekasi Asri Housing, Jl. Asri 11 Block K17. Salting, Rawalumbu. East Bekasi. The object of this research is the SAVI method. Sources of data used in the research method, namely, primary data by conducting interviews with experts and resource persons and secondary data which includes Learning Implementation Plans (RPP). Data collection techniques are using library research and interviews. The analysis technique used is content analysis. Furthermore, using data triangulation, namely interviews with experts and resource persons so as to obtain the results of this study. The results of this study concluded that the SAVI method can be used in learning the art of music in elementary schools with materials including song learning. The SAVI learning steps outlined in the results of this study can support the proof that the SAVI method is in accordance with what was designed by Dave Meirer, the inventor of the SAVI method, namely by using Preparation, Delivery, Training and Displaying the results. In the implementation of the SAVI method, it was found that it was difficult for students to be invited to move to the rhythm of the song that matched the beat, the habits of students who did not focus when they had to listen to explanations and direct examples from the teacher, and did not have any connection to what was displayed by the teacher in the form of block notation. and there are advantages in using the SAVI method, which makes students more active and creative individually and in groups, and better understand what has been learned that day because educators use special methods in it.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Lucy Martiati, M.Pd. ; 2). Dr. Clemy Ikasari, M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 11605 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 09:10
Last Modified: 03 Sep 2021 09:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19102

Actions (login required)

View Item View Item