PEMBELAJARAN SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW UNTUK PESERTA DIDIK TINGKAT SMP

DANNY ROZANO, . (2021) PEMBELAJARAN SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW UNTUK PESERTA DIDIK TINGKAT SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
METODOLOGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
HASIL atau PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran seni musik dengan Metode Jigsaw untuk peserta didik tingkat SMP. Metode Penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu Studi Literatur (Literature Review). Waktu penelitian telah dilakukan pada 20 April 2021 sampai dengan 10 Juli 2021 secara daring. Tempat penelitian dilakukan di rumah, Jalan Pedurenan Depok RT 5 RW 1 no 82a, Cimanggis, Depok. Objek pada penelitian ini adalah Metode Jigsaw. Sumber data yang digunakan dalam metode penelitian yaitu, sumber data sekunder eksternal berupa buku, jurnal, skripsi, dan berbagai situs di internet. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka. Selanjutnya, teknik analisis penelitian yang dilakukan dengan metode analitik yaitu melakukan proses analisis data atau informasi dari artikel yang diperoleh dengan memberikan argumen yang logis terhadap seluruh isi artikel yang diperoleh dan menarik kesimpulannya. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Jigsaw berhasil digunakan dan dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam pembelajaran seni musik di SMP dengan materi yang bervariasi, diantaranya dalam praktik bermain gitar antara lain mempelajari akor dasar, progresi akor, pola strumming dan latihan menggunakan lagu-lagu sederhana. Permainan pianica belajar memainkan melodi dalam tangga nada perubahan. Permainan recorder belajar melodi, penjarian, tempo serta dinamika dalam memainkan lagu sederhana. Selain itu ada juga yang tidak menggunakan alat musik, melainkan vokal yang juga diterapkan dalam lagu lagu sederhana baik secara individu maupun berkelompok dan yang dipelajari adalah teknik-teknik vokal. Tidak hanya praktik, adapun teori berupa apresiasi terhadap karya lagu. Dari 11 literature tersebut 10 diantaranya menerapkan langkah-langkah sesuai dengan pendapat Rusman, sedangkan 1 literature langkah-langkah yang diterapkan tidak sesuai dengan pendapat Rusman maupun Malvin. Dalam hal itu peneliti menyimpulkan bahwa Metode Jigsaw berhasil diterapkan dan membawa dampak positif dalam pembelajaran seni budaya materi musik di tingkat SMP. The purpose of this research is to find out the learning of music art using Jigsaw Method for junior high school students. The research method in this study is Literature Review. The research was conducted from April 20, 2021 until July 10, 2021 virtually. The research was taken place at the re�searcher’s house, at Jalan Pedurenan Depok RT 5 RW 1 no 82a, Cimanggis, Depok. The object in this study is Jigsaw Method. The source of this research method is, external sec�ondary data sources such as books, journals, thesis, and various sites on the internet. Data collection was done by using library studies. Furthermore, the analysis techniques of this research is using analytic method, which is data analysis or information from articles ob�tained by providing a logical argument against the article obtained and drawing the con�clusions. The results of this study showed that the Jigsaw Method is successfully used and can overcome the problems contained in learning the art of music in junior high schools with varied materials, including in guitar playing like learning basic chords, chord pro�gressions, strumming patterns and exercises using simple songs. In melodica playing, learns to play melodies in scale of modulation. In recorder playing, learns about the mel�ody, fingering, tempo, and dynamics in playing simple songs. In addition, there are also those who do not use musical instruments, but vocals that are also applied in simple songs, both individually and in groups and learning about vocal techniques. Not only by practice, but there is also the theory, such as the appreciation towards the musical works. Of the 11 literatures, 10 of them apply the steps in accordance with Rusman's opinion, while 1 literature the steps that are applied are not in accordance with the opinions of Rusman and Malvin. In that case, the researcher concluded that the Jigsaw Method was successfully applied and had a positive impact on learning the arts and culture of music materials at the junior high school level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Lucy Martiati, M.Pd. ; 2). Dra. Tjut Etty Retnowati, M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 12164 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:02
Last Modified: 06 Sep 2021 03:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19157

Actions (login required)

View Item View Item