PRODUK KREATIVITAS BAHASA DI RUANG PUBLIK:SUATU KAJIAN LANSKAP LINGUISTIK KECAMATAN TANAH ABANG

SITI HUTAMI MAHMUDAH, . (2021) PRODUK KREATIVITAS BAHASA DI RUANG PUBLIK:SUATU KAJIAN LANSKAP LINGUISTIK KECAMATAN TANAH ABANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkategorikan jenis produk kreativitas bahasa; (2) Mengidentifikasi bentuk kreativitas bahasa dari segi mikrolinguistik; (3) Mengetahui penggunaan bahasa pada produk kreativitas bahasa; dan (4) Menganalisis fungsi lanskap linguistik informasional. Lokasi penelitian ini adalah ruang publik Kecamatan Tanah Abang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian terhadap 153 produk kreativitas bahasa di Kecamatan Tanah Abang, yaitu sebagai berikut: (1) Jenis produk kreativitas bahasa yang ditemukan adalah papan nama (82 data, 47%), kain rentang (52 data, 30%), olah kata (15 data, 9%), iklan (14 data, 8%), informasi (6 data, 3%), tanda petunjuk (5 data, 3%), dan peringatan (1 data, 1%). Hal ini menunjukkan bahwa di kawasan Kecamatan Tanah Abang banyak ditemukan kedai serta pertokoan di ruang publiknya. (2) Bentuk kreativitas bahasa dari segi mikrolinguistik yang ditemukan adalah Morfologi (51%), Semantik (26%), Fonologi (19%), dan Sintaksis (4%). Penggunaan kreativitas bahasa dari segi mikrolinguistik banyak digunakan untuk menarik perhatian masyarakat, seperti misalnya untuk menarik generasi milenial. (3) Penggunaan bahasa didominasi oleh penggunaan monolingual (72%), bilingual (27%), dan multilingual (1%). Angka tersebut membuktikan bahwa penggunaan bahasa secara monolingual mendominasi di kawasan Kecamatan Tanah Abang, khususnya penggunaan bahasa Indonesia. (4) Fungsi lanskap linguistik informasional dilihat dari pelaku/aktor yang bertanggungjawab dari golongan swasta/individu (96%) dan golongan pemerintah (4%). Berdasarkan data yang diperoleh, aktor dari golongan swasta/individu menggunakan produk kreativitas bahasa di ruang publik untuk kepentingan ekonomi. This research aims to (1) Categorize the types of language creativity products; (2) Identify forms of language creativity in terms of microlinguistics; (3) Discover the use of language in language creativity products; and (4) Analyzing the informational function of linguistic landscape. The location of this research is the public space of Tanah Abang District. The research method used in this research is descriptive qualitative. The sampling technique used was purposive sampling. Data collection techniques used in this study were observation and documentation techniques. The results of the research on 153 language creativity products in Tanah Abang District, are as follows: (1) The types of language creativity products found are name plates (82 data, 47%), banners (52 data, 30%), word plays (15 data, 9%), advertisements (14 data, 8%), informations (6 data, 3%), signboards (5 data, 3%), and warnings (1 data, 1%). This shows that in the Tanah Abang sub-district there are many food stalls and shops in the public space. This shows that in the Tanah Abang sub-district there are many food stalls and shops in the public space. (2) The forms of language creativity in terms of microlinguistics found are Morphology (51%), Semantics (26%), Phonology (19%), and Syntax (4%). The use of language creativity in terms of microlinguistics is widely used to attract people's attention, for example to attract the millennial generation. (3) The use of language is dominated by the use of monolingual (72%), bilingual (27%), and multilingual (1%). This persentage proves that the use of monolingual dominated in the Tanah Abang sub-district, especially the use of Indonesian. (4) The Informational function of linguistic landscape is seen from the responsible actors from the private sector/individual (96%) and the government group (4%). Based on the data obtained, actors from private groups/individuals use language creativity products in public spaces for economic purposes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Miftahulkhairah Anwar, M. Hum. , ; 2). Drs. Krisanjaya, M. Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 12296 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:56
Last Modified: 06 Sep 2021 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19162

Actions (login required)

View Item View Item