PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK (STUDI PADA SISWA KELAS X DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMKN 1 JAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021)

DIMAS GIGIH ANTORO, . (2021) PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK (STUDI PADA SISWA KELAS X DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMKN 1 JAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (737kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Dimas Gigih Antoro. Muhammad Agphin Ramadhan. Anisah. 2021. Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Mekanika Teknik (Studi pada Siswa Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMKN 1 Jakarta Tahun Ajaran 2020/2021). Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. *ABSTRAK* Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada pelajaran Mekanika Teknik kelas X DPIB 1 SMK Negeri 1 Jakarta tahun ajaran 2020/2021 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini dilakukan dengan 3 tahap, yaitu Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini adalah metode Tindakan Kelas dengan menggunakan metode kombinasi (mix method) Design Sequential Exploratory (urutan penemuan). Dengan validasi data triangulasi. Hasil analisis diperoleh adanya peningkatan aktivitas belajar siswa di setiap siklusnya. Pada tahap Pra Siklus hasil persentase keberhasilan sebesar 34,44%. Kemudian pada Siklus I terjadi peningkatan sebesar 9,68% menjadi 44,12%. Dan kembali mengalami peningkatan di Siklus II sebesar 10,44% menjadi 54,56%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran daring mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X DPIB 1 SMK Negeri 1 Jakarta tahun ajaran 2020/2021. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas; Jigsaw; Aktivitas Belajar; Mekanika Teknik. Dimas Gigih Antoro. Muhammad Agphin Ramadhan. Anisah. 2021. Application of the Jigsaw Method to Improve Learning Activities in Distance Learning in Mechanical Engineering Subjects (Studies in Class X Students of Modeling Design and Building Information at SMKN 1 Jakarta, Academic Year 2020/2021). Faculty of Engineering, Universitar Negeri Jakarta, Building Engineering Education Study Program. *ABSTRACT* This research is a Classroom Action Research that aims to find out student learning activities in the Mechanical Mechanics class X DPIB 1 SMK Negeri 1 Jakarta in the 2020/2021 academic year through the application of the Jigsaw type cooperative learning model. This research was conducted in 3 stages, namely Pre-Cycle, Cycle I and Cycle II. This research method is a Classroom Action Research using a combination method (mix method) Design Sequential Exploratory (sequence of discovery). With data validation is triangulation. The results of the analysis obtained an increase in student learning activities in each cycle. At the pre-cycle stage, the percentage of success is 34.44%. Then in Cycle I there was an increase of 9.68% to 44.12%. And again experienced an increase in Cycle II by 10.44% to 54.56%. So it can be concluded that the application of the Jigsaw method can increase student learning activities during online learning for the Engineering Mechanics class X DPIB 1 SMK Negeri 1 Jakarta for the 2020/2021 academic year. Keywords: Classroom Action Research; Jigsaw; Learning Activities; Mechanical Mechanics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) M. Agphin Ramadhan, M. Pd. ; 2) Anisah, MT
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Sipil
Depositing User: Users 12317 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 05:44
Last Modified: 08 Jun 2022 07:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19238

Actions (login required)

View Item View Item