PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK (Studi pada Kelas X SMK Negeri 1 Jakarta, Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Tahun Ajaran 2020/2021)

MUHAMMAD RIJAL BASYIR, . (2021) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK (Studi pada Kelas X SMK Negeri 1 Jakarta, Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang memiliki tujuan untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa kelas X DPIB 1 SMK Negeri 1 Jakarta, semester genap, tahun ajaran 2020/2021, pada mata pelajaran Gambar Teknik dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan dalam 3 tahap, yaitu pra siklus, Siklus I, dan Siklus 2. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method), yaitu gabungan antarametode kualitatif dan kuantitatif, dengan validasi data yang digunakan adalah Logical Analysis dengan metode validitas isi (Content Validity). Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahwa metode demonstrasi yang digunakan terbukti efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran Gambar Teknik yang dilakukan secara jarak jauh, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya, yaitu 11% dari tahap pra siklus (nilai rata-rata 68,653) menuju ke siklus I (nilai rata-rata 80,4), dan 4% dari siklus I menuju ke siklus II (nilai rata-rata 84). Dengan hasil belajar tersebut, menyatakan bahwa pada tahap pra siklus ketuntasan belajar siswa mencapai 76,5%, sedangkan untuk siklus I dan siklus II menapai 87,5%. Dengan digunakannya metode demonstrasi ini juga meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dengan semakin banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar. *ABSTRACT* This research is a Class Action Research that uses demonstration methods to determine changes in the learning outcomes students in grade X DPIB 1 SMK Negeri 1 Jakarta in the subjects of technical drawings during the even semester of the school year 2020/2021. This research was conducted in 3 stages, namely pre cycle, cycle I and cycle II. The method that used in this study is a mixed method, which is a combination of qualitative and quantitative methods, with data validation used is logical analysis with content validity method. The result of the data analysis showed that the demonstration method used proved effective to be applied to the subjects of Engineering Drawings conducted remotely, as it can improve students learning outcomes. This is evidenced by te improvement in each cycle, namely 11% of the pre-cycle stage (average value of 68,653) to cycle I (average value of 80,4), and 4% of cycle I to cycle II (average value of 84). With these learning outcomes, it states that in the pre-cycle stage of learning compeletion students reached 76,5%, while for cycle I and cycle II reached 87,5%. With the use of this demonstration method also increases the activeness of students in the learning process, with more and more students who ask questions and are able to answer the questions correctly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) M. Agphin Ramadhan, M.Pd. ; 2) Drs. Arris Maulana, M.T.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 12401 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 21:56
Last Modified: 02 Sep 2021 21:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19250

Actions (login required)

View Item View Item