UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ASISTENSI (STUDI KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMKN 1 JAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021)

NALA SAKA OCEAN SETIANI, . (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ASISTENSI (STUDI KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMKN 1 JAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik melalui penggunaan model pembelajaran asistensi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti 1 (BKP 1) di SMKN 1 Jakarta tahun pelajaran 2020/2-21 dengan jumlah 16 siswa yang menggunakan perangkat AutoCAD untuk menggambar. Terdapat 2 siklus didalam penelitian tindakan kelas ini dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung, dokumentasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata keaktifan belajar siswa pada akhir siklus dua adalah 56,26% dan terdapat peningkatan sebesar 14,39% dari siklus sebelumnya yang sebesar 41,86%. Dari hasil tersebut., dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa selama pelajaran Gambar Teknik dapat meningkat dengan penggunaan model pembelajaran asistensi. Kata kunci: model pembelajaran, keaktifan belajar, Gambar Teknik, pendidikan vokasi *ABSTRACT* This classroom action research is aimed at improving student’s learning activity during Engineering Drawing subject by using assisted learning model. The subject of this research is class X Construction and Property Business 1 (BKP 1) students at SMKN 1 Jakarta in academic year 2020/2021 with the total of 16 students who’s using the AutoCAD application to draw. There are 2 cycles in this classroom action research. Interview, observation, documentation and field notes are used to collect datas. Based on the research result, the average score of student’s activeness by the end of cycle two was 56,26% and it showed that there was a 14,39% score improvement from the previous cycle which is 41,86%. From the result showed before, it can be concluded that student’s learning activity while learning Engineering Drawing with the assisted learning model was improved. Keywords: learning model, learning activeness, engineering drawing, vocational education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) M. Agphin Ramadhan, M. Pd 2) Drs. Arris Maulana, ST., MT
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 12375 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:25
Last Modified: 02 Sep 2021 07:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19259

Actions (login required)

View Item View Item