PEMANFAATAN SUPERVISI KLINIS BERBASIS WEB DALAM MEMPERKUAT KOMITMEN TUGAS GURU DI SDN RAWAMANGUN 12 PAGI

SYIFA AZ ZAHRA, . (2021) PEMANFAATAN SUPERVISI KLINIS BERBASIS WEB DALAM MEMPERKUAT KOMITMEN TUGAS GURU DI SDN RAWAMANGUN 12 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Bab I.pdf

Download (862kB)
[img] Text
3. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
4. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (458kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan supervisi klinis berbasis web dalam memperkuat komitmen tugas guru. Sub fokus dari penelitian ini adalah perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada bulan April hingga Juli 2021. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi: Koordinator pengawas wilayah binaan I, Pengawas wilayah binaan II dan guru pengguna supervisi klinis berbasis web di SDN Rawamangun 12 Pagi. Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis berbasis web memiliki banyak manfaat untuk memperkuat komitmen tugas guru, yaitu : (1) pada perencanaan pembelajaran setelah dilaksanakannya supervisi klinis berbasis web, perencanaan yang dilakukan oleh guru menjadi lebih terarah, selain itu juga guru melakukan modifikasi RPP menyesuaikan dengan kondisi saat ini tetapi masih mengikuti pedoman RPP, silabus yang sudah ada; (2) di dalam mengelola pembelajaran guru terus melakukan inovasi dan kreativitas demi terciptanya suasana pembelajaran yang nyaman, kondusif, dan menyenangkan walaupun tidak bertatap muka langsung agar tujuan pembelajaran tercapai, selain itu guru juga terus meningkatkan kemampuannya dengan memanfaatan media IT yang bervariasi di dalam pembelajaran; (3) evaluasi pembelajaran sangat penting dilakukan oleh guru bertujuan supaya guru bisa menilai kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya. Dalam menilai kekurangan dan kelebihan guru tidak terlepas dari peran serta supervisor di dalam pelaksanaan supervisi klinis berbasis web. Dengan adanya supervisi klinis berbasis web ini memberikan kemudahan untuk guru dalam melakukan perbaikan dan peningkatan komitmen tugasnya. This research aims to determine the use of web-based clinical supervision in increasing teacher's commitment. The sub-focus of this research is the planning, management, and evaluation of learning. This research was conducted from April to July 2021. The method used in conducting this research is a descriptive method. Data was collected through interviews, observations, and documentation studies. Informants in this study include: Coordinator of the supervised area I, the supervisor of the target area II and teachers who use web-based clinical supervision at SDN Rawamangun 12 Pagi. Research shows that the implementation of web-based clinical supervision has many benefits to increase teacher's task commitment, which are: (1) in learning planning after carrying out web-based clinical supervision, the planning carried out by teachers becomes organized, also the teacher modifies the lesson plans according to the needs of the teacher, current condition but still following the lesson plan guidelines, existing syllabus; (2) in order to achieve the objectives of learning, teachers need to be creative and innovative to create a comfortable, conducive, and lively atmosphere. Moreover, teachers also can enhance their abilities by utilizing various IT media in learning; (3) evaluation is essential for teachers to see the shortcomings and excessive advantages. In assessing the weakness and strengths of teachers, the role of supervisors is inseparable in the implementation of web-based supervision. Hence, the web-based clinical supervision helps teachers to increase the improvements and commitments in order to achieve their tasks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd ; 2). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 12448 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 10:11
Last Modified: 08 Sep 2021 08:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19438

Actions (login required)

View Item View Item