PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK JALUR ZONASI YANG BERSEKOLAH DI SMA NEGERI 53 DAN SMA NEGERI 61 JAKARTA

WILMA SEPTIA, . (2021) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK JALUR ZONASI YANG BERSEKOLAH DI SMA NEGERI 53 DAN SMA NEGERI 61 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar dan faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar peserta didik kelas X jalur zonasi di SMA Negeri 53 dan SMA Negeri 61 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, guru mata pelajaran, peserta didik kelas X jalur zonasi, dan orangtua peserta didik kelas X jalur zonasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik kalibrasi keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data, yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, hasil belajar peserta didik kelas X jalur zonasi SMA Negeri 61 Jakarta lebih unggul dibandingkan dengan SMA Negeri 53 Jakarta. Kedua, hal tersebut dikarenakan terdapat perbedaan pada faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar di kedua sekolah tersebut. Pada faktor internal yang membedakan adalah faktor motivasi, minat, dan percaya diri. Sedangkan pada faktor eksternal yang membedakan adalah faktor sekolah, yang terdiri dari penerapan waktu sekolah dan standar pelajaran. Ketiga, peserta didik kelas X jalur zonasi SMA Negeri 61 Jakarta memiliki hasil belajar yang lebih unggul karena SMA Negeri 61 Jakarta juga lebih banyak memberikan perlakuan atau treatment khusus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan SMA Negeri 53 Jakarta. SMA Negeri 53 Jakarta memberikan perlakuan atau treatment khusus seperti diberlakukan tes psikotes pada awal pembelajaran dan kegiatan tutor sebaya. Sedangkan SMA Negeri 61 Jakarta memberikan perlakuan atau treatment khusus seperti menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) sejak tahun ajaran 2018/2019, mengaadakan tes diagnostik pada awal tahun ajaran 2020/2021 dimulai, mengadakan kegiatan mandiri dan program Pendalaman Materi setelah waktu sekolah selesai, menggabungkan dua kelas saat kegiatan pembelajaran, dan memberlakukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) tambahan yang ditetapkan oleh guru masing-masing mata pelajaran. Oleh karena itu, meskipun peserta didik jalur zonasi hanya diseleksi melalui domisili berbasis kelurahan dan bukan melalui nilai atau prestasi akademik, tetapi karena adanya proses pembelajaran yang baik, maka mereka memiliki hasil belajar yang baik pula. Karena di dalam proses pembelajaran terdapat faktor-faktor yang memengaruhi peserta didik jalur zonasi yang nantinya dapat membawa perubahan pada perilaku mereka. Kata kunci: Hasil belajar, Peserta didik jalur zonasi, Faktor internal dan eksternal This study aims to analyze the differences in learning outcomes and the factors that influence the learning outcomes of students in class X on the zoning route at SMA Negeri 53 and SMA Negeri 61 Jakarta. This research uses descriptive qualitative research method. The subjects of this study consisted of the Deputy Principal Curriculum, subject teachers, students of class X zoning pathway, and parents of students of class X zoning pathway. Data collection techniques using observation techniques, interviews, and documentation. The data validity calibration technique in this study uses data triangulation techniques, which consist of source triangulation and technical triangulation. While the data analysis technique uses qualitative data analysis techniques consisiting of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conlusions. The results of this study indicate that: first, the learning outcomes of class X students in the zoning route from SMA Negeri 61 Jakarta are superior to those SMA Negeri 53 Jakarta. Second, this is because there are differences in the factors that affect learning outcomes in the two schools. On the internal factors that distinguish the factors of motivation, interest, and confidence. Meanwhile, the external factors that distinguishes it is the school factor, which consists of the application of school time and lesson standards. Third, students of class X on the zoning route from SMA Negeri 61 Jakarta have superior learning outcomes because SMA Negeri 61 Jakarta also provides more special treatment that aims to improve student learning outcomes compared to SMA Negeri 53 Jakarta. SMA Negeri 53 Jakarta provides special treatment such as applying psychological tests at the beginning of learning and peer tutoring activities. While SMA Negeri 61 Jakarta provides special treatment such as implementing the Semester Credit System (SKS) since the 2018/2019 school year, holding diagnostic tests at the beginning of the 2020/2021 school year starting, holding independent activities and material deepening programs after school time is over, combining two classes during learning activities, and apply additional Minimum Competences Criteria (KKM) set by the teacher of each subject. Therefore, although the zoning pathway students are only selected through the village-based domicile and not through grades or academic achievement, but because of a good learning process, they have better learning outcomes as well. Because in the learning process, there are factors that influence students on the zoning path which cal later bring changes to their behaviour. Keywords:Learning outcomes, Zoning pathway students, The internal and external factors

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Muhammad Zid, M.Si. 2) Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 11734 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 00:47
Last Modified: 06 Sep 2021 00:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19581

Actions (login required)

View Item View Item