ANALISIS PELAKSANAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) PADA PEMBELAJARAN BAHASA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME BAGI SISWA TUNARUNGU

YUSRIL SEPTIANA NUGRAHA, . (2021) ANALISIS PELAKSANAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) PADA PEMBELAJARAN BAHASA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME BAGI SISWA TUNARUNGU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bahwa proses langkah-langkah pembelajaran Metode Maternal Reflektif (MMR) sesuai dengan teori belajar konstruktivisme yang diperoleh dari interaksi dan bimbingan (scaffolding). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Pustaka. Penelitian ini berisikan teori-teori yang relevan sesuai dengan masalah yang dikaji, dalam Studi Kepustakaan membatasi aktivitasnya hanya pada bahan-bahan koleksi pustaka saja tanpa memerlukan riset lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada proses langkah-langkah pembelajaran Metode Maternal Reflektif (MMR) mulai dari percakapan, melakukan visualisasi, menyusun deposit, dan refleksi dilandasi dengan konsep teori belajar konstruktivisme. Konsep teori belajar konstruktivisme yakni membangun pengetahuan, Scaffolding, dan Zone of Proximal Development (ZPD) dalam pembelajaran Metode Maternal Reflektif (MMR) memberikan pengaruh dalam membangun pengetahuan anak tunarungu. Penelitian ini bermanfaat untuk guru bahwa dalam pembelajaran Metode Maternal Reflektif (MMR) baik digunakan dalam pembelajaran. The purpose of this study is to explain that the process of learning steps of Maternal Reflective Method (MMR) is in accordance with the theory of constructivism learning obtained from interaction and guidance (scaffolding). This research method uses qualitative research methods with a literature study approach. This research contains relevant theories in accordance with the problems studied, in the study of literature limiting its activities only to literature review materials without the need for field research. Data collection techniques are Data Reduction, Data Presentation, and Conclusion Withdrawal. The results of this study showed that in the process of learning steps Maternal Reflective Method (MMR) ranging from conversation, visualization, depositing, and reflection based on the concept of constructivism learning theory. The concept of constructivism learning theory, build the knowledge building, Scaffolding, and Zone of Proximal Development (ZPD) in learning Maternal Reflective Method (MMR) has an influence in building the knowledge of deaf children. This research is useful for teachers that in learning Maternal Reflective Methods (MMR) are well used in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Totok Bintoro, M.Pd. ; 2). Dr. Wuryani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 11724 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 06:24
Last Modified: 09 Sep 2021 06:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item