PENGEMBANGAN MEDIA SPOKIEZZLE DALAM KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT PADA ANAK DENGAN AUTISME KELAS VII DI SEKOLAH KHUSUS SPECTRUM

CITRA AMAILIA PUSPA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA SPOKIEZZLE DALAM KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT PADA ANAK DENGAN AUTISME KELAS VII DI SEKOLAH KHUSUS SPECTRUM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian karya inovatif ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam kemampuan menyusun kalimat pada anak dengan autisme. Peneliti mengembangakan media SPOKIEZZLE karena dibutuhkannya media pembelajaran untuk penguasaan kemampuan kalimat pada anak dengan autisme kelas VII di Sekolah Khusus Spectrum. Media SPOKIEZZLE merupakan media Puzzle menyusun kalimat sederhana yang terdiri dari unsur Subjek, Predikat, Objek, Keterangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (RnD) dengan desain pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Validasi dilakukan oleh lima ahli dengan kriteria ahli media, ahli materi dan ahli pendidikan autis. Media SPOKIEZZLE mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan 84,4% dengan kategori baik, namun media ini tidak melakukan field test karena pandemi COVID-19. Dari nilai rata-rata yang di dapatkan, dapat ditarik kesimpulan bahwa media SPOKIEZZLE ini dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik autis. This research work aims to develop learning media for the ability to compose sentences in children with autism. Researchers developed SPOKIEZZLE media because of the need for learning media to master sentence skills in children with autism class VII at Spectrum Special Schools. SPOKIEZZLE media is a Puzzle media to compose simple sentences consisting of Subject, Predicate, Object, Description elements. The method used in this research is the Research and Development (RnD) method with the ADDIE development design (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Validation was carried out by five experts with the criteria of media experts, material experts and autistic education experts. SPOKIEZZLE media got an overall average score of 75.6% in the good category, but this media did not do a field test due to the COVID-19 pandemic. From the average value obtained, it can be concluded that the SPOKIEZZLE media is declared feasible and can be used as a learning for students with autism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc ; 2). Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 11567 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:02
Last Modified: 13 Sep 2021 06:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19962

Actions (login required)

View Item View Item