KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

NINDIA PRITA BERLIANA, . (2021) KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian kajian pustaka ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan model analisis Miles dan Hubermen. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam penelitian kualitatif pada saat pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi dan mengkaji sumber pustaka seperti buku, jurnal, dan skripsi yang sesuai dengan masalah peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Dalam pembelajaran IPA seharusnya dapat menerapkan model pembelajaran yang tepat yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA terutama di kelas V Sekolah Dasar adalah model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI). Untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, sebaiknya pembelajaran IPA dibuat dengan aktif, efektif, efisien dan dibuat semenarik mungkin agar siswa tetap semangat dan tidak merasa bosan saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. This literature review study aims to increase learning outcomes in science education in grade V elementary school using cooperative learning type team assisted individualization. This research was conducted using a descriptive qualitative research method according to the Miles and Hubermen analysis model. There are three stages that are carried out in this qualitative research at the time of data collection namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. This data collection techniques uses observation and examines library sources such as books, journals and theses that are relevant to this research problem topic. The results showed that by using cooperative learning type team assisted individualization can improve learning outcomes in grade V elementary school. In science education, it should be able to use the right method or model to improve learning outcomes in science education. One of the learning model that can be used to increase learning outcomes in science education especially in grade V elementary school is a cooperative learning type team assisted individualization. To improve learning outcomes in science education, science education learning should be made active, creative, efficient, and interesting so that student remain enthusiastic and not feel dull when the teaching and learning process takes place.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd. ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12433 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 09:24
Last Modified: 10 Sep 2021 09:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20050

Actions (login required)

View Item View Item