STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN

RIZKA ISTAFTAHI, . (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (349kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi pembelajaran aktif dalam keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan studi literatur. Sumber data penelitian ini adalah 15 jurnal dan buku-buku yang berhubungan dengan strategi pembelajaran aktif dalam keterampilan proses sains. Teknik analisis yang digunakan dalam menganalisa data adalah teknik analisis isi atau dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dari sumber data menyatakan bahwa strategi pembelajaran aktif efektif diterapkan dalam keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun. Pada penerapan strategi pembelajaran aktif membantu anak untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran, kreatif dalam membuat hasil karya, inovatif dalam mengungkapkan ide-idenya. Guru menciptakan dan memberikan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan bagi anak untuk mengeksplorasi lingkungannya guna mendapatkan informasi-informasi yang baru. This research was aimed to determine the description of active learning strategies in science process skills of children aged 5-6 years old. The method used was qualitative descriptive with literature study. The data sources for the researched used were 15 journals and books related to active learning strategies in science process skills; then, the analysis technique used in analyzing data was content or document analysis. The finding of the research showed that the active learning strategies were effective in learning science process skills of children aged 5-6 years old. Implementing active learning strategies helps children to be active in learning activities, creative at making works, and innovative in expressing ideas. Meanwhile, the teacher creates and provides a comfortable and pleasant environment for children to explore their environment to get new information.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. R. Sihadi Darmo Wihardjo, M.Pd. ; 2). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 12819 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:01
Last Modified: 13 Sep 2021 07:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20058

Actions (login required)

View Item View Item