PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN AGAMA KATOLIK DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BAGI SISWA KELAS VII SMP SANTA MARIA JAKARTA

AGUSTINA DEDE MITE, . (2021) PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN AGAMA KATOLIK DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BAGI SISWA KELAS VII SMP SANTA MARIA JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendekatan project based learning (PjBL) adalah suatu pendekatan yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan program pembelajaran Agama Katolik dengan pendekatan project based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan model pengembangan model pengembangan instruksional (MPI) yang terdiri tahap pertama: mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menetapkan tujuan instruksional umum, tahap kedua melakukan analisis instruksional, tahap ketiga mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal dari peserta didik, tahap keempat menulis tujuan instruksional khusus, tahap kelima menyusun alat penilaian hasil belajar, tahap keenam mengembangkan bahan instruksional, tahap ketujuh menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif dan tahap kedelapan adalah implementasi evaluasi sumatif dan difusi Inovasi. Produk dari hasil pengembangan ini adalah program pembelajaran yang terdiri dari; garis besar program pembelajaran, strategi pembelajaran, bahan ajar dan rubrik penilaian sikap dan proyek. Setelah dilakukan kaji ahli, produk ini mendapatkan hasil yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji efektifvitas pos-test mendapatkan nilai rata-rata 88,80 dan telah dihitung menggunakan aturan N-Gain Score menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar sebesar 68,96%. Model pembelajaran project ini selain untuk meningkatkan hasil belajar, dapat juga meningkatkan sikap pada siswa seperti bersyukur, berbelas kasih dan peduli pada sesama. Kesimpulan penelitian bahwa pengembangan pembelajaran Agama Katolik dengan pendekatan project based learning layak digunakan dan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dan pembentukan sikap siswa untuk bersyukur, belas kasih dan peduli pada sesama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Agama Katolik dengan project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik aspek afektif maupun kognitif. Implikasinya project based learning dapat diterapkan dalam pembelajaran pada mata pelajaran yang lain. Kata kunci: model pengembangan instruksional, pendidikan Agama Katolik, project based learning (PjBL).

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd 2). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Agama Kristen
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 12798 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 16:13
Last Modified: 15 Sep 2021 16:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20251

Actions (login required)

View Item View Item