PENGARUH PERFEKSIONISME DAN HARGA DIRI TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING

ROSY NUR HASANAH, . (2021) PENGARUH PERFEKSIONISME DAN HARGA DIRI TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh perfeksionisme dan harga diri terhadap stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran daring. Metode yang dipakai untuk penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Sampel pada penelitian berjumlah 299 mahasiswa, yang terdiri dari 81 laki-laki dan 281 perempuan. Alat ukur yang dipakai dalam penelitian ini adalah Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA), Frost Multidimensional Perfectionism Scale (FMPS), dan Rosenberg Self Esteem Scale (RSES). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga diri tidak memengaruhi secara signifikan terhadap stres akademik, namun ketika bersama-sama dengan variabel perfeksionisme (maladaptif perfeksionisme) kedua variabel tersebut saling berinteraksi dan berkontribusi secara positif signifikan terhadap stres akademik. Variabel perfeksionisme dan harga diri memberikan kontribusi sebesar 4,4% dalam memengaruhi stres akademik. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 4,4% stres akademik dipengaruhi oleh perfeksionisme (maladaptif perfeksionisme) dan harga diri, 95,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. This study aims to determine the effect of perfectionism and self esteem on academic stress in college students during online learning. The Research method used is a quantitative method with multiple regression analysis techniques. The sampling technique in this study is convenience sampling. The sample in this study amounted to 299 students, consisting of 81 males and 281 females. The measuring tools used in this research are Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA), Frost Multidimensional Perfectionism Scale (FMPS), dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). The result showed that self-esteem didn’t significantly affect academic stress, but when together with perfectionism (maladaptive perfectionism) these two variables interact and contribute significantly to academic stress. The results of the coefficient of determination show that the contribution of perfectionism and self-esteem is 4,4% to academic stress. This shows that 4.4% of academic stress is influenced by perfectionism (maladaptive perfectionism) and self-esteem, 95.6% is influenced by other variables not examined in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Rahmadianty Gazadinda, S.Psi, M.Sc. ; 2) Ratna Dyah Suryaratri, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 12743 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 09:58
Last Modified: 15 Sep 2021 09:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20320

Actions (login required)

View Item View Item