HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SELF DISCLOSURE MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

ERIKA ARIESTA HARDIANTY, . (2021) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SELF DISCLOSURE MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, menjadikan bentuk baru pada penerapan sosialisasi dan pada pembelajaran yang dilaksanakan secara jarak jauh. Hal ini menyebabkan waktu bersosialisasi di rumah antara anak dan orang tua mempunyai peluang yang besar terhadap keterbukaan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh otoriter, pola asuh otoritatif, pola asuh permisif, dan pola asuh penelantaran terhadap self disclosure pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 387 responden dengan kriteria mahasiswa aktif, berusia 18 - 30 tahun dan mengikuti pembelajaran secara daring. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur pola asuh adalah adopsi dari Oktarina dalam Nadia yang dibuat berdasarkan teori Baumrind (1991), sedangkan self disclosure diukur dengan instrumen Jourard Self Disclosure Questionnaire (JSDQ) diadopsi dari Tokan. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan korelasi pearson product moment dengan. Hasil pada penelitian ini terdapat hubungan signifikan yang bersifat positif pada kategori sedang antara pola asuh otoriter, otoritatif, permisif dan penelantaran dengan self disclosure mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. The Covid-19 pandemic that occurred in Indonesia has created a new form of socialization and practice of distance learning. This leads to a lot of socializing time at home between children and parents, which has a great opportunity to encourage children's self-disclosure to parents. This study aims to determine the relationship between authoritarian parenting, authoritative parenting, permissive parenting, and neglect parenting on college student’s self-disclosure during the Covid-19 pandemic. The method used in this study is a quantitative research method with a sample of 387 respondents with the criteria of active college students, aged 18-30 years and taking online learning. Parenting pattern data retrieval using a measuring instrument adopted from Oktarina in Rosa based on Baumrind (1991) theory, while self-disclosure data collection using the Jourard Self Disclosure Questionnaire (JSDQ) adopted from Tokan. Statistical analysis used to test the Pearson product moment correlation hypothesis with the results of the study showed that there was a significant relationship between authoritarian parenting, authoritative parenting, permissive parenting, and neglect parenting on college student’s self-disclosure during the Covid-19 pandemic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gantina Komalasari, M.Psi. ; 2). Gita Irianda Rizkyani M, M.Psi.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 12528 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2021 23:12
Last Modified: 16 Sep 2021 23:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20485

Actions (login required)

View Item View Item