PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DOA SEHARI -HARI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (PENELITIAN TINDAKAN DI RA BAHAGIA CIPINANG JAKARTA TIMUR)

MASITAH, . (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DOA SEHARI -HARI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (PENELITIAN TINDAKAN DI RA BAHAGIA CIPINANG JAKARTA TIMUR). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca doa sehari-hari pada anak TK B (usia 5-6 tahun) dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilakukan di RA Bahagia, Cipinang, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan model Martini Jamaris & Edwita (modifikasi model action research Model Kemmis dan Mc Taggart), dengan prosedur (1) Melakukan assesment awal (pre asesment); (2) Planning; (3) Acting; (4) Observing; (5) Reflecting,dan (6) assesment akhir (post assesment). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 7 kali pertemuan setiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dengan guru dan stakeholder sekolah dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan Membaca doa sehari-hari anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media audio visual dalam hal kelancaran dalam pengungkapan bacaan doa, ketepatan struktur kalimat dan kebermaknaan penuturan. Peningkatan yang terjadi cukup signifikan yakni data pra penelitian sebesar 49,32 % pada siklus 1 menjadi sebesar 66.47% atau naik sebesar 17,15 % dan pada siklus ke dua sebesar 88,81% atau naik sebesar 22,34% ********** Aim of this research is to increase the ability of reading daily prayer for children, age 5-6 years (TK B) with audio visual media. This research was conducted in RA Bahagia, Cipinang, Jakarta Timur, by using Martini Jamaris& Edwita method (Kemmis & Taggart modified) with step procedures: (1) pre assessment, (2) planning, (3) acting, (4) observing, (5) reflecting and (6) post assessment. This study was conducted in 2 cycles with 7 meetings. Data was collected by observation, interviews with teacher and stakeholder and documentation. The result of this study indicate that there is signification increase in daily reading prayer ability for children age 5-6 years with audio visual media especially fluency in expressing, the accuracy of sentence structure and understanding context. The increase in this study is quite significant, the average learning outcomes pre assessment amounted to 49,32% up to 66,47% in cycle I or up to 17,15% and cycle II amounted to 88.81% up to 22,34%. Keyword : Audio visual media, daily prayer, moral religi

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi ; 2). Prof. Dr. Martini Jamaris., M.SC.ED.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12757 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:59
Last Modified: 11 Nov 2021 03:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20571

Actions (login required)

View Item View Item