Evaluasi Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA Islam Al Azhar 4 Bekasi dengan Model Evaluasi CIPP

JIHAN DZAHABIYYAH, . (2021) Evaluasi Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA Islam Al Azhar 4 Bekasi dengan Model Evaluasi CIPP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program Pembelajaran Jarak Jauh pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS yang diselenggarakan oleh SMA Islam Al Azhar 4 Bekasi. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh tersebut. Penelitian ini juga dilengkapi dengan analisis teori strukturasi yang dikemukakan oleh Anthony Giddens terhadap kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian merupakan evaluasi konteks, input, proses, dan produk (Context, Input, Process, Product—CIPP) yang digagas oleh Stufflebeam. Penelitian ini juga akan menganalisis fenomena PJJ secara daring dengan teori strukturasi yang dikemukakan oleh Anthony Giddens. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didukung oleh data survey terhadap para murid kelas XI IPS tahun ajaran 2020/2021 di SMA Islam Al Azhar 4 Bekasi dalam penulisan hasil penelitiannya. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al Azhar 4 Bekasi. Namun, lantaran guru dan para murid melaksanakan kegiatan belajar-mengajar secara daring, pengambilan data primer dan survey dilakukan dari rumah secara daring. Penelitian dilakukan selama delapan bulan, terhitung sejak November 2020 sampai dengan Juni 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan penyelenggaraan program Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Islam Al Azhar 4 Bekasi pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS sudah diselenggarakan dengan baik. Eksistensi sekolah masih terasa dalam mewadahi kegiatan belajar-mengajar secara daring. Namun, sekolah perlu kembali memperhatikan sumber dana kegiatan, inisiatif murid dalam proses kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh, dan kualitas dari produk pada mata pelajaran sosiologi. Kata kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Model Evaluasi CIPP, Teori Strukturasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Umar Baihaqki, M.Si 2). Prima Yustitia Nurul Islami, S.KPm., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Demografi, Penduduk, Ilmu Kependudukan
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 12916 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2021 05:34
Last Modified: 20 Sep 2021 05:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20751

Actions (login required)

View Item View Item