PENGARUH DISIPLIN, KOMPETENSI DAN BUDAYA ORGANISASI DIMEDIASI ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP KINERJA PELAKSANAAN ANGGARAN DI KEMENTERIAN PERTAHANAN RI

SAPTO ONGKO PUTRO, . (2021) PENGARUH DISIPLIN, KOMPETENSI DAN BUDAYA ORGANISASI DIMEDIASI ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP KINERJA PELAKSANAAN ANGGARAN DI KEMENTERIAN PERTAHANAN RI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (920kB)

Abstract

Sapto Ongko Putro (Pengaruh Disiplin, Kompetensi, dan Budaya Organisasi dimoderasi OCB terhadap Kinerja Pelaksanaan Anggaran dilingkungan Kementerian Pertahanan RI) Penelitian ini didasarkan pada implementasi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, dimana pada bagian penjelasan menyatakan bahwa untuk mendukung terwujudnya good governance dalam penyelenggaraan negara, maka pengelolaan keuangan negara perlu dilakukan secara profesional, terbuka, dan bertanggung jawab. Dampak langsung dari undang-undang tersebut diatas, adalah adanya perubahan mekanisme pengelolaan anggaran di lingkungan Kementerian Pertahanan RI dan Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang .perlu diantisipasi sekaligus disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), agar Kinerja Pelaksanaan Anggaran dapat berjalan dengan baik. Hal ini sangat penting, mengingat Kinerja Pelaksanaan Anggaran merupakan salah satu aspek penilaian Kinerja Kementerian Negara/Lembaga di dalam pemerintahan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh langsung Disiplin, Kompetensi, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pelaksanaan Anggaran, dan terhadap Organization Citizenship Behavior (OCB) sebagai variabel intervening. Penelitian yang didasarkan pada mekanisme Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sebagai otorisasi, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei, serta Structural Equating Model (SEM) sebagai instrumen analisa data. Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Disiplin terhadap perilaku OCB. Dimensi Disiplin yang paling dominan mempengaruhi OCB adalah jumlah tagihan. Terdapat pengaruh Kompetensi terhadap perilaku OCB. Dimensi Kompetensi yang paling dominan mempengaruhi perilaku OCB adalah dimensi latar belakang Pendidikan yang diukur dengan indikator pendidikan minimal Magister. Hal ini menunjukkan bahwa pegawai pengelola anggaran yang minimal berpendidikan S2 (Magister) sangat penting dan diperlukan dalam meningkatkan perilaku OCB dan Kinerja Pelaksanaan Anggaran. Terdapat pengaruh Budaya Organisasi terhadap perilaku OCB dan Kinerja Pelaksanaan Anggaran dilingkungan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Dimensi yang paling dominan adalah koordinasi dan inovasi, dimana kemampuan pegawai dalam berkoodinasi dan berinovasi berpengaruh positif terhadap perilaku OCB dan Kinerja Pelaksanaan Anggaran. Terdapat pengaruh OCB terhadap Kinerja Pelaksanaan Anggaran dilingkungan Kementerian Pertahanan RI. Dimensi OCB yang paling dominan mempengaruhi Kinerja Pelaksanaan Anggaran adalah Sportifitas, yang diwujudkan dalam kesiapan diri setiap pegawai sebelum dan selama melaksanakan tugas. Kata kunci: Kinerja pelaksanaan anggaran, pendidikan, kordinasi dan inovasi, kesiapan diri.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. S. Pantja, M.Si., M.A 2). Dr. Mukhtadi, M.M
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: Users 12554 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:55
Last Modified: 08 Oct 2021 07:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20968

Actions (login required)

View Item View Item