MANAJEMEN PEMBELAJARAN INKLUSIF DI SMPN 36 JAKARTA (STUDI KASUS PADA MASA PANDEMI COVID 19)

TYAS RATNAWATI, . (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN INKLUSIF DI SMPN 36 JAKARTA (STUDI KASUS PADA MASA PANDEMI COVID 19). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (512kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari semangat pendidikan yang ada di Indonesia yaitu pendidikan untuk semua. Konsep pendidikan ini kemudian dikenal dengan pendidikan inklusif, sebagaimana Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan, yaitu sebuah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan sama kepada semua peserta didik baik normal maupun berkebutuhan khusus untuk mengikuti pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama. Tentunya pelaksanaan pendidikan inklusif bukanlah perkara mudah dan semakin menantang ketika munculnya pandemi COVID 19 yang menyebabkan cara hidup manusia berubah. Perubahan besar dan tiba-tiba juga terjadi di dunia pendidikan, dimana seluruh proses pembelajaran menggunakan online mulai dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat manajemen pembelajaran online inklusif, bagaimana proses perencanaan, proses pelaksanaan pembelajaran secara online serta evaluasi pembelajaran secara online. Manajemen pembelajaran online dalam penelitian ini yaitu manajemen pembelajaran secara mikro yaitu manajemen pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif analitis dengan metode studi kasus yaitu penelitian yang difokuskan pada suatu fenomena/ kasus yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam, dengan objek penelitian SMPN 36 Jakarta. Tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, focus group discussion (FGD) dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; pertama, SMPN 36 Jakarta telah melaksanakan perencanaan pembelajaran online sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Penyediaan dokumen perencanaan pembelajaran disusun berdasarkan peraturan penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah dan dirancang sesuai kesepakatan rapat tahunan. Kedua, pelaksanaan pembelajaran online dilakukan secara terorganisir di bawah satu komando yaitu kepala sekolah. Dokumen pembelajaran yang dihasilkan dari proses perencanaan sebagai dasar setiap guru dalam melaksanakan pembelajaran secara online. Selain itu guru-guru melakukan inovasi-inovasi taktis dilapangan sesuai kebutuhan anak. Ketiga, proses evaluasi pembelajaran online di SMPN 36 Jakarta dilaksanakan sesuai dengan proses perencanaan yang terdokumentasi dalam dokumen pembelajaran yang dibuat oleh setiap guru. Proses evaluasi pembelajaran online terdiri atas sikap dan akademik. Tantang terbesar dalam proses pembelajaran online inklusif adalah teknologi yang belum tersistem dengan baik. ********* This research started from the spirit of education in Indonesia, is education for all. This education concept was later known as inclusive education, as stated in the Regulation of the Minister of National Education of the Republic of Indonesia Number 70 of 2009 Inclusive Education for Students with Disabilities and Potential for Intelligence, which is an education system that provides equal opportunities to all students, both normal and with special needs to participate in learning in an educational environment together. Of course, the implementation of inclusive education is not an easy matter and it is increasingly challenging when the emergence of the COVID-19 pandemic has changed the way people live. A suddenly changes also occur in the world of education, where the entire learning process uses online starting from early childhood to university levels. The purpose of this study is to see the management of inclusive online learning, how the planning, the process of implementing online learning and evaluation of online learning. Online learning management in this study is micro learning management, namely learning management in the classroom. This study uses a qualitative descriptive analytical approach with a case study method, the research that is focused on a selected phenomenon/case and wants to be understood in depth, with the object of research being SMPN 36 Jakarta. Data collection techniques through interviews, observation, focus group discussions (FGD) and documentation. The results of the study concluded; First, SMPN 36 Jakarta has implemented an online learning plan in accordance with the rules set by the government. The provision of learning planning documents is prepared based on the education administration regulations from the government and designed according to the agreement of the annual meeting. Second, the implementation of online learning is organized by the principal. Learning documents generated from the planning process as the basis for every teacher in carrying out online learning. In addition, teachers carry out tactical innovations in the field according to the needs of children. Third, the online learning evaluation process at SMPN 36 Jakarta is carried out in accordance with the planning process documented in the learning documents made by each teacher. The online learning evaluation process consists of attitudes and academics. The biggest challenge in the inclusive online learning process is technology that has not been properly systemized.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.DR. Rugaiyah, M.Pd. ; 2). DR. Siti Rochanah, MM
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 12614 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2021 07:22
Last Modified: 16 Nov 2021 07:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20995

Actions (login required)

View Item View Item