ANALISIS PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

SONIA ADISTI, . (2021) ANALISIS PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis kegunaan metode bermain peran (role playing) dalam mengembangkan sikap toleransi siswa pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Sumber data dalam penelitian ini adalah jurnal-jurnal dan prosiding penelitian yang memiliki persamaan masalah dengan peneliti. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data Miles dan Huberman. Data yang diperoleh kemudian diolah melalui teknik analisis data mulai dari data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing. Berdasarkan data yang diperoleh metode bermain peran (role playing) dapat mengembangkan sikap toleransi dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode bermain peran (role playing) dapat digunakan untuk mengembangkan sikap toleransi siswa dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar, sehingga guru dapat menggunakan metode bermain peran (role playing) sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan sikap toleransi siswa dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Kata Kunci : Sikap Toleransi, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pembelajaran Metode Bermain Peran (Role Playing) di Sekolah Dasar *********** The purpose of this study was to determine the usefulness of the role playing method in developing students' tolerance of social studies learning in elementary schools. Sources of data in this study are journals and research proceedings that have similar problems with researchers. The method used in this research is descriptive qualitative with data analysis techniques Miles and Huberman. The data obtained is then processed through data analysis techniques starting from data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing. Based on the data obtained, the role playing method can develop tolerance in social studies learning in elementary schools. The conclusion of this study is that the role playing method can be used to develop student tolerance in social studies learning in elementary schools, so that teachers can use the role playing method as an alternative to develop students' tolerance in social studies learning. in elementary school. Keywords: Tolerance Attitude, Social Studies, Role Playing Method Learning in Elementary School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Dr. Maratun Nafi'ah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 11908 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2021 05:36
Last Modified: 05 Oct 2021 05:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21042

Actions (login required)

View Item View Item