PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LARI BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR Disertasi S3 Pendidikan Jasmani Tahun 2021

ABDUL SALAM HIDAYAT, . (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LARI BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR Disertasi S3 Pendidikan Jasmani Tahun 2021. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (956kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (562kB)
[img] Text
Lamp 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
Lamp 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (2).pdf

Download (188kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran nomor lari jarak pendek (ASAHI) berbasis permainan pada siswa sekolah dasar. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang: pengembangan dan penerapan model pembelajaran nomor lari jarak pendek (ASAHI) berbasis permainan pada siswa sekolah dasar dan mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik siswa terhadap model yang dibuat. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Penelitian pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Uji efektifitas model menggunakan rubric tahapan tes lari cepat yang terdiri dari sikap star, sikap saat berlari dan memasuki garis finis, untuk mengetahui keterampilan siswa sebelum pemberian treatmen berupa model yang dikembangkan dan untuk mengetahui keterampilan lari jarak pendek setelah perlakuan atau treatmen model yang dikembangkan. nilai t hitung memperoleh hasil sebesar 15,54 yang berarti jika dibandingkan dengan t tabel yang diperoleh lebih besar yakni 15,54 > 2,00 yang berarti H0 di tolak. Untuk itu berdasarkan dari data yang diperoleh dapat dikatakan bahwa model pembelajaran nomor lari jarak pendek (ASAHI) berbasis Permaianan efektif dan dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan nomor lari jarak pendek untuk siswa sekolah dasar The purpose of this research and development is to produce a game-based short distance number learning model (ASAHI) in elementary school students. This research and development was carried out to gain in-depth information about: the development and application of short-distance running number learning models (ASAHI) based on games for elementary school students and knowing the effectiveness, efficiency and attractiveness of students towards the models had been made. This research and development used Research & Development (R & D) research methods from Borg and Gall. Test the effectiveness of the model used a sprint test to find out the skills of students before giving treatment in the form of a developed model and to find out short distance running skills after treatment or treatment of the model developed. the value of t count got a result of 15.54 which means that when compared with the t table that obtained was greater, it was 15.54> 2.00 which means that H0 was rejected. For this reason, based on the data obtained, it could be said that the game-based short distance learning (ASAHI) number model is effective and can improve the learning skills of short distance running numbers for elementary school students.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Sofyan Hanief, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Atletik
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: Users 13028 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:39
Last Modified: 14 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21191

Actions (login required)

View Item View Item