HUBUNGAN PEMAHAMAN KEBERAGAMAN DENGAN TOLERANSI SOSIAL SISWA (Studi Korelasi di SMP Corpatarin Utama Jakarta Timur)

Vega Febry Yanty, . (2019) HUBUNGAN PEMAHAMAN KEBERAGAMAN DENGAN TOLERANSI SOSIAL SISWA (Studi Korelasi di SMP Corpatarin Utama Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1) COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (27kB)
[img] Text
2) ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (164kB)
[img] Text
3) LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4) LEMBAR ORISINILITAS.pdf

Download (114kB)
[img] Text
6) KATA PENGANTAR.pdf

Download (161kB)
[img] Text
7) DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
11a) BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
11b) BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
11c) BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
11d) BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
11e) BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
12) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan pemahaman tentang keberagaman dengan toleransi sosial siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret – Mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 90 siswa kelas VII, VII, dan IX di SMP Corpatarin Utama Jakarta Timur. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji linieritas dengan persamaan regresi yang kemudian di dapat Ŷ=108.36 + 0.31X. Selanjutnya normalitas menggunakan rumus liliefors dan diperoleh pada Variabel Y Lhitung = 0.086 sedangkan Ltabel = 0.094, maka Lhitung<Ltabel. Kemudian pada Variabel X Lhitung = 0.085 sedangkan Ltabel = 0.094, maka Lhitumg<Ltabel. Dengan demikian hal ini menyatakan Variabel X dan Variabel Y berdistribusi normal. Peneliti selanjutnya melakukan uji hipotesis yang dimaksudkan untuk mecari keberartian regresi, sehingga diperoleh Fhitung = 5.12 > Ftabel = 3.95. Hal ini menunjukkan bahwa regresi yang diperoleh ada berarti. Sedangkan uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung = 1.23 < Ftabel = 2.00, dengan ini menunjukkan bahwa model regresi linier. Selanjutnya dilakukan uji korelasi product moment diperoleh rhitung = 0.235 sedangkan rtabel 0.207 berarti rhitung>rtabel yang artinya terdapat hubungan positif. Uji koefisien determinasi diperoleh KD sebesar 23.5%, artinya pemahaman tentang keberagaman cukup berarti dalam menentukan toleransi sosial siswa. Berarti adanya hubungan yang signifikan antara pemahaman tentang keberagaman dengan toleransi sosial siswa sebesar 23,5%. Kesimpulan dari hasil analisis adalah terdapat hubungan positif antara pemahaman tentang keberagaman dengan toleransi sosial siswa SMP Corpatarin Utama Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhammad Japar, M.Si., ; 2). Dr. Achmad Husen, M.Pd.,
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:57
Last Modified: 15 Nov 2021 03:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21433

Actions (login required)

View Item View Item