PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ SMKN 26 JAKARTA

Nirmala Dewi A, . (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ SMKN 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (93kB)
[img] Text
Hlmn Pengesahan print hal 1.pdf

Download (145kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar. Penelitian dilakukan di SMKN 26 Jakarta, dilaksanakan pada bulan April-Juli 2015. Mata pelajaran pemrograman dasar merupakan salah satu mata pelajaran menuntut siswa tidak hanya menguasai konsep pemrograman dasar, tetapi juga memiliki skill dalam penerapan algoritma itu sendiri. Dalam penerapannya untuk mendapatkan hasil belajar yang sesuai agar tercapainya indikator ketuntasan minimal. Project based learning merupakan model pembelajaran yang menerapkan siswa lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, memberikan perlakuan terhadap kedua kelas dengan berbeda perlakuan. Masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Untuk kelas eksperimen diterapkan di kelas X TKJ 2 dan untuk kelas kontrol diterapkan di kelas X TKJ 1, untuk mendapatkan data penelitian ini menguji siswa dengan tes akhir untuk mengukur kemampuan kognitif dengan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan siswa yang diterapkan project based learning mendapatkan nilai rata-rata 83,88, sedangkan siswa yang diterapkan model demonstrasi mendapatkan nilai rata-rata 81,69. Dengan demikian hipotesis ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar pemrograman dasar siswa yang signifikan antara yang diajarkan menggunakan project based learning dengan yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional dilihat dari nilai rata-rata yang lebih tinggi project based learning dibandingkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd ; 2). Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M. Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:36
Last Modified: 02 Nov 2022 01:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21619

Actions (login required)

View Item View Item