IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM POIN PELANGGARAN DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN SISWA DI SMK NEGERI 40 JAKARTA

Restu Sanubari, . (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM POIN PELANGGARAN DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN SISWA DI SMK NEGERI 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (220kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (144kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (167kB)
[img] Text
5. PENYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (142kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Sistem Poin Pelanggaran Dalam Meningkatkan Kepatuhan Siswa di SMK Negeri 40 Jakarta yang meliputi pelaksanaan sistem poin pelanggaran, dan kepatuhan siswa kelas X di SMK Negeri 40 Jakarta. Penelitian ini dimulai pada Februari hingga April 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode tersebut digunakan untuk membuat deskripsi tentang keadaan-keadaan dan kejadian yang secara alami dan nyata terjadi di lingkungan objek penelitian. Alat yang digunakan meliputi observasi, studi dokumentasi, dan wawancara dengan narasumber wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wali kelas, guru piket, guru BK, ketua OSIS dan siswa. Selain itu penelitian menggunakan lembar pengamatan untuk mengetahui pelaksanaan sistem poin pelanggaran dan kepatuhan siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan sistem poin pelanggaran dijalankan dengan cukup baik oleh semua pihak di sekolah baik dari perancangan, pelaksanaan dan pengawasan, tetapi masih ada beberapa kendala khususnya ketidakseragaman guru dalam menindak siswa (2) Hal ini menyebabkan angka pelanggaran siswa kelas X dari bulan Juli 2018 – Mei 2019 cenderung naik. Kesimpulan dari penelitian ini jika dilihat dari jumlah siswa kelas X yang melanggar peraturan dalam sistem poin seperti kerapihan, kelakuan, dan kerajinan cenderung naik selama pelaksanaan sistem poin pelanggaran, maka implementasi program sistem poin pelanggaran di SMK Negeri 40 Jakarta belum sepenuhnya mampu meningkatkan kepatuhan siswa kelas X.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wuri Handayani M.Si ; 2). Dwi Afrimety Timoera, S.H, M.H,
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:15
Last Modified: 02 Dec 2021 03:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21684

Actions (login required)

View Item View Item