PEMANFAATAN GADGET DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP Diponegoro 1 Jakarta)

REKSI, . (2019) PEMANFAATAN GADGET DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP Diponegoro 1 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
ABSTRAK DAN ABSTRACK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf

Download (44kB)
[img] Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara mendalam mengenai Pemanfaatan Gadget dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Digital Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP Diponegoro 1 Jakarta). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga April 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Alat yang digunakan adalah observasi, studi dokumen, dan wawancara yang dilakukan kepada key informan yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP Diponegoro 1 Jakarta, serta informan yang berhubungan dengan pembelajaran PPKn di SMP Diponegoro 1 Jakarta dan pendapat ahli yaitu Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital Kementerian Kominfo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan gadget di SMP Diponegoro 1 Jakarta diterapkan dalam pembelajaran digital smart classroom. Pembelajaran tersebut menggunakan iPad sebagai media yang digunakan oleh guru dan peserta didik. Strategi literasi yang diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Diponegoro 1 Jakarta yaitu kombinasi antara strategi baca tulis dan strategi literasi digital yang memanfaatkan buku-buku digital. Cara mengembangkan kemampuan literasi digital peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Diponegoro 1 Jakarta dapat dilakukan dengan pemahaman artikel digital yang berfokus pada pengembangan aspek kultural, kognitif, dan sosial emosional peserta didik. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa secara kultural peserta didik dapat menggunakan perangkat (iPad) dengan baik, namun terdapat peserta didik yang melanggar penggunaan seperti main game. Secara kognitif, melalui pemahaman teks digital, peserta didik dapat memahami teks yang telah dibaca serta memenuhi prinsip pengembangan literasi digital pada level digital competence, digital usage, dan digital transformation. Secara sosial emosional, pada tahap pemahaman teks, peserta didik mempunyai perasaan yang ditunjukkan dari pemahaman pada artikel digital yang telah dibaca. Emosional yang terlihat pada kegiatan membaca artikel digital yaitu melalui komponen internal motivation atau motivasi diri dan social skill atau keterampilan sosial. Motivasi diri terlihat pada semangat yang ditujukkan ketika kegiatan membaca artikel digital, sedangkan social skill atau keterampilan sosial terlihat dengan adanya interaksi antar peserta didik dan peneliti saat kegiatan membaca artikel digital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Suhadi, M.Si., ; 2). Dwi Afrimetty Timoera, S.H., M.H.,
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:38
Last Modified: 28 Jul 2022 01:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21686

Actions (login required)

View Item View Item