STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM TA’ARUF (STUDI KASUS : LEMBAGA TA’ARUF SYAR’I JODOHKU MAHROMKU DEPOK)

NABILAH ZAHIYAH AZZAHRAH, . (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM TA’ARUF (STUDI KASUS : LEMBAGA TA’ARUF SYAR’I JODOHKU MAHROMKU DEPOK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (157kB)
[img] Text
2. Abstrak 3 bahasa.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan.pdf

Download (340kB)
[img] Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (305kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (219kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (258kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
11. Bab IV 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi yang dilakukan salah satu lembaga ta’aruf yaitu Lembaga Ta’aruf Syar’i Jodohku Mahromku. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mendeskripsikan suatu fenomena melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya seperti strategi yang dilakukan Lembaga Ta’aruf Syar’i Jodohku Mahromku dalam menyampaikan pesannya dakwahnya berupa dakwah ta’aruf kepada masyarakat. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu dari bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2019. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Onong Uchjana Effendy bahwa strategi pada hakekatnya adalah sebuah perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan yang merupakan gabungan dari perumusan strategi dalam komunikasi sampai pada pelaksanaan dengan memperhatikan materi atau pesan yang akan disampaikan, metode apa yang diterapkan, media apa yang akan digunakan. Elemen-elemen komunikasi tersebut merupakan indikator yang dijadikan tolak ukur untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan Lembaga Ta’aruf Syar’i Jodohku Mahromku sehingga dapat menikahkan 100 pasang pesertanya melalui proses ta’aruf terhitung sejak tahun 2016 sampai awal tahun 2019. Dari Penelitian ini menunjukan beberapa poin penting mengenai strategi komunikasi yang menjelaskan bahwa tujuan keberadaan lembaga ini adalah untuk menyebarkan dakwah ta’aruf kepada masyarakat dengan menyampaikan pesan atau materi dakwah kepada komunikan melalui dua saluran yaitu kajian rutin dan media sosial dimana setiap tema yang akan disampaikan sudah didiskusikan terlebih dahulu oleh panitia secara matang. Materi yang sudah disiapakan akan disampaikan dengan menggunkan dua metode komunikasi yaitu metode informatif, dimana metode ini berlaku di dalam grup whatsapp yang telah dibuat oleh panitia dengan tujuan agar pesan atau informasi yang disampaikan tidak terpendam dengan obrolan peserta. Selain itu metode komunikasi persuasif juga diterapkan oleh lembaga ini dengan menjalankan program – program yang ada dan mengadakan bimbingan ta’aruf kepada peserta sebagai upaya mengajak bicara dari hati ke hati agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta ta’aruf.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rihlah Nur Aulia, M.A ; 2). Rudi M. Barnansyah, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi dan Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 06 Dec 2021 03:37
Last Modified: 06 Dec 2021 03:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21713

Actions (login required)

View Item View Item