Mega Mulianisa, . (2019) AGENDA MEDIA DALAM NARASI POLITIK DAMAI (Analisis Framing 19 Berita Nurhadi-Aldo di Kumparan.com). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
| 
              
Text
 01. COVER.pdf Download (49kB)  | 
          |
| 
              
Text
 02. Abstrak dan Abstract.pdf Download (109kB)  | 
          |
| 
              
Text
 03. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (577kB)  | 
          |
| 
              
Text
 04. Halaman Orisinalitas.pdf Download (929kB)  | 
          |
| 
              
Text
 07. Kata Pengantar.pdf Download (89kB)  | 
          |
| 
              
Text
 08. Daftar Isi.pdf Download (87kB)  | 
          |
| 
              
Text
 13. BAB I.pdf Download (608kB)  | 
          |
| 
              
Text
 14. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB)  | 
          |
| 
              
Text
 15. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB)  | 
          |
| 
              
Text
 16. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB)  | 
          |
| 
              
Text
 17. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB)  | 
          |
| 
              
Text
 18. Daftar Pustaka.pdf Download (134kB)  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis mengenai narasi politik damai yang dihadirkan di dalam rangkaian berita tentang calon presiden fiktif Nurhadi-Aldo di media daring kumparan. Tokoh fantasi dimunculkan oleh kumparan untuk memasukkan narasi damai sebagai bentuk reaksi atas konflik horizontal pada pilpres 2019 yang membuat polarisasi dua kubu. Penelitian ini menggunakan analisis wacana serta menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka. Peneliti memilih analisis wacana dengan jenis analisis framing model Gamson dan Modigliani untuk membantu menganalisis teks berita secara lebih menyeluruh. Subjek penelitian berupa 19 berita tentang calon presiden fiktif Nurhadi-Aldo di kumparan. Peneliti kemudian mengolah hasil penelitian dengan konsep agenda media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga narasi yang tercipta dari 19 berita tersebut yaitu narasi kejenuhan publik, hiburan rakyat dan tolak fanatisme buta. Narasi hiburan rakyat menjadi visabilitas di dalam agenda media karena menjadi topik yang paling menonjol. Audience salience yang meliputi misi dan orientasi berita untuk masyarakat ada pada narasi tolak fanatisme buta. Valensi dari agenda media telihat dari narasumber dan visualisasi pemberitaan yangdihadirkan oleh kumparan di dalam teks. Terdapat banalitas informasi pada agenda media dalam narasi politik damai di kumparan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Additional Information: | 1). Abdul Rahman Hamid,SH.,MH ; 2). Ubedillah Badrun,M.Si | 
| Subjects: | Ilmu Politik > Teori Politik | 
| Divisions: | FIS > S1 Sosiologi | 
| Depositing User: | Users 10553 not found. | 
| Date Deposited: | 10 Dec 2021 05:57 | 
| Last Modified: | 10 Dec 2021 05:57 | 
| URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21787 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        