AGENDA MEDIA DALAM NARASI POLITIK DAMAI (Analisis Framing 19 Berita Nurhadi-Aldo di Kumparan.com)

Mega Mulianisa, . (2019) AGENDA MEDIA DALAM NARASI POLITIK DAMAI (Analisis Framing 19 Berita Nurhadi-Aldo di Kumparan.com). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
02. Abstrak dan Abstract.pdf

Download (109kB)
[img] Text
03. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (577kB)
[img] Text
04. Halaman Orisinalitas.pdf

Download (929kB)
[img] Text
07. Kata Pengantar.pdf

Download (89kB)
[img] Text
08. Daftar Isi.pdf

Download (87kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis mengenai narasi politik damai yang dihadirkan di dalam rangkaian berita tentang calon presiden fiktif Nurhadi-Aldo di media daring kumparan. Tokoh fantasi dimunculkan oleh kumparan untuk memasukkan narasi damai sebagai bentuk reaksi atas konflik horizontal pada pilpres 2019 yang membuat polarisasi dua kubu. Penelitian ini menggunakan analisis wacana serta menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka. Peneliti memilih analisis wacana dengan jenis analisis framing model Gamson dan Modigliani untuk membantu menganalisis teks berita secara lebih menyeluruh. Subjek penelitian berupa 19 berita tentang calon presiden fiktif Nurhadi-Aldo di kumparan. Peneliti kemudian mengolah hasil penelitian dengan konsep agenda media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga narasi yang tercipta dari 19 berita tersebut yaitu narasi kejenuhan publik, hiburan rakyat dan tolak fanatisme buta. Narasi hiburan rakyat menjadi visabilitas di dalam agenda media karena menjadi topik yang paling menonjol. Audience salience yang meliputi misi dan orientasi berita untuk masyarakat ada pada narasi tolak fanatisme buta. Valensi dari agenda media telihat dari narasumber dan visualisasi pemberitaan yangdihadirkan oleh kumparan di dalam teks. Terdapat banalitas informasi pada agenda media dalam narasi politik damai di kumparan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Abdul Rahman Hamid,SH.,MH ; 2). Ubedillah Badrun,M.Si
Subjects: Ilmu Politik > Teori Politik
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2021 05:57
Last Modified: 10 Dec 2021 05:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21787

Actions (login required)

View Item View Item