HUBUNGAN TERPAAN BERITA LINGKUNGAN DAN RASA INGIN TAHU TENTANG ISU LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU PENOLAKAN PRODUK TIDAK RAMAH LINGKUNGAN (Sebuah Studi Korelasi Pada Karyawan Divisi Pemberitaan TV Perum LKBN Antara)

M SUNU PROBO BASKORO, . (2019) HUBUNGAN TERPAAN BERITA LINGKUNGAN DAN RASA INGIN TAHU TENTANG ISU LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU PENOLAKAN PRODUK TIDAK RAMAH LINGKUNGAN (Sebuah Studi Korelasi Pada Karyawan Divisi Pemberitaan TV Perum LKBN Antara). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER TESIS.pdf

Download (58kB)
[img] Text
2. Abstract english.pdf

Download (79kB)
[img] Text
2. Abstract indo.pdf

Download (59kB)
[img] Text
11a.BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
11b.BAB II KAJIAN TEORETIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
11c. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text
11d. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
11e. BAB V KESIMPULAN IMPLIKASI DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

This research is the research of korelasional consisting of two free variables and bound variables are one. Free variables in this study was exposure to Environmental News and curiosity over environmental issues, while the bound variable is the behavior for the rejection of products are not eco-friendly. The purpose of this research was to know is there a relationship between exposure to Environmental News with Rejection Behavior products are not eco-friendly, well know is the relationship between Curiosity over environmental issues with no Product Rejection Behavior Eco-friendly as well as the relationship of the second variable is free i.e. exposure to Environmental News and curiosity over environmental issues with Rejection Behavior products are not eco-friendly. Research carried out on Nationwide News Agency employee Among TV news coverage of Division in December 2018 until January 2019. Using the sample as many as 60 people were taken using a simple random sampling method, using the technique of data collection questionnaire and field observations. The research found that there is a positive relationship between exposure to Environmental News with Rejection Behavior products are not eco-friendly, in addition also found a positive relationship between Curiosity over environmental issues with Rejection Behavior Products are not eco-friendly. The second variable is free it also has a positive relationship with the behaviour of the rejection of products are not ecofriendly. When exposure to Environmental News and curiosity over environmental issues is improved then the behavior of the rejection of products are not eco-friendly. ******** Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah terpaan berita lingkungan dan rasa ingin tahu tentang masalah lingkungan, sedangkan variabel terikat adalah perilaku penolakan produk yang tidak ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan terpaan berita lingkungan dengan perilaku penolakan produk-produk tidak ramah lingkungan, hubungan antara rasa ingin tahu tentang isu lingkungan dengan perilaku penolakan produk tidak ramah lingkungan serta hubungan kedua variabel bebas denga perilaku penolakan produk tidak ramah lingkungan. Penelitian dilakukan pada karyawan Divisi Pemberitaan TV Kantor Berita Nasional Antara pada bulan Desember 2018 dan Januari 2019. Menggunakan sampel sebanyak 60 orang diambil menggunakan metode simple random sampling, menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner dan observasi lapangan. Penelitian menemukan bahwa ada hubungan signifikan terpaan berita lingkungan dengan perilaku penolakan produk tidak ramah lingkungan, selain itu juga ditemukan hubungan signifikan keingintahuan tentang isu lingkungan dengan perilaku penolakan produk tidak ramah lingkungan. Meningkatnya terpaan berita lingkungan dan rasa ingin tahu tentang isu lingkungan diikuti dengan meningkatnya perilaku penolakan produk tidak ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Muhammmad Zid, M,Si. ; 2). Dr. Samadi
Subjects: Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Lingkungan
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 13 Dec 2021 08:01
Last Modified: 13 Dec 2021 08:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21820

Actions (login required)

View Item View Item