Cultural Contents in Reading Passages of English National Examination for Junior High School Student Year 2017 and 2018

Anggun Vifiyani, . (2019) Cultural Contents in Reading Passages of English National Examination for Junior High School Student Year 2017 and 2018. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (362kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (39kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (32kB)
[img] Text
4. Lembar Publikasi.pdf

Download (45kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
7. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (333kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (291kB)
[img] Text
11. CHAPTER I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
12. CHAPTER II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
13. CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
14. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
15. CHAPTER V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
16. REFERENCES.pdf

Download (278kB)

Abstract

Budaya, sebagai salah satu kompetensi lulusan sekolah menengah pertama yang diukur dalam ujian nasional Bahasa Inggris di Indonesia, memiliki peran yang penting dalam membantu peserta ujian memahami teks bacaan. Karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan muatan budaya yang terdapat pada teks bacaan ujian nasional sekolah menengah pertama pada mata pelajaran Bahasa Inggris tahun 2017 dan 2018. Muatan budaya merujuk pada aspek budaya yang diusulkan oleh Moran (2001) dan sumber budaya yang diusulkan oleh Cortazzi&Jin (1999). Kerangka penelitian ini adalah analisis konten. Hasil penelitian mengungkap (1) semua aspek budaya telah termuat meskipun dalam jumlah yang berbeda (2) aspek Tempat memiliki jumlah tertinggi sedangkan aspek Orang memiliki jumlah terendah (3) adanya Budaya Sumber (38%), Budaya Sasaran (38%), dan Budaya Internasional (24%). Bisa disimpulkan bahwa teks bacaan yang terdapat pada soal ujian nasional bahasa Inggris tidak hanya dapat memberikan pemahaman yang baik bagi peserta ujian tetapi juga dapat membantu mereka lebih peduli dengan identitas budaya mereka dan dapat menampakkan kehidupan dan budaya penutur asli bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rutsje Helena Damongilala, M.Pd ; 2). Dra. Sri Sulastini, M.A
Subjects: Geografi, Antropologi > Budaya, Adat Istiadat
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 13 Dec 2021 09:15
Last Modified: 13 Dec 2021 09:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21822

Actions (login required)

View Item View Item