MULTIPLE INTELLIGENCES IN READING PASSAGES OF ENGLISH NATIONAL EXAMINATION FOR SENIOR HIGH SCHOOL

Fadhilah Citra Rusmiyani, . (2019) MULTIPLE INTELLIGENCES IN READING PASSAGES OF ENGLISH NATIONAL EXAMINATION FOR SENIOR HIGH SCHOOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (254kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (101kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
5. LEMBAR PUBLIKASI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
6. ACKNOLEDGEMENT.pdf

Download (373kB)
[img] Text
7. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (263kB)
[img] Text
9. CHAPTER I INTRODUCTION.pdf

Download (195kB)
[img] Text
10. CHAPTER II LITERATURE REVIEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
11. CHAPTER III METHODOLGY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
12. CHAPTER IV FINDINGS AND DISCUSSIONS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
13. CHAPTER V CONCLUSION AND RECOMMENDATION.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini membahas Multiple Intelligences dalam teks bacaan Ujian Nasional Bahasa Inggris untuk sekolah menengah atas tahun 2017 & 2018. Ujian nasional yang diselenggarakan secara nasional, diharapkan dapat mencakup semua kecerdasan peserta tes untuk menghindari bias. Gardner multiple intelligences (MI) teori (1983) adalah alternatif yang berguna untuk memenuhi kebutuhan tiap individu. Kecerdasan, sebagai kapasitas kognitif otak, dapat diasumsikan mempengaruhi hasil tes bahasa ( fahim , 2010 ). Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis kelebatan Multiple Intelligences di dalam teks bacaan dan butir pertanyaan dalam ujian nasional bahasa Inggris sekolah menengah atas dalam rangka mencari tahu apakah teks bacaan beserta butir pertanyaanya telah memuat semua jenis kecerdasan atau bias terhadap jenis kecerdasan tertentu. Studi ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mana berusaha menganalisis materi yang termuat dalam ujian nasional bahasa Inggris. Data dari studi ini antara lain Multiple Intelligences yang tergambar dalam teks bacaan dan butir pertanyaan ujian nasional bahasa Inggris untuk sekolah menengah atas tahun tahun 2017 dan 2018. Temuan ini mengungkapkan bahwa (1) Dalam hal konten, pada teks bacaan UN tahun 2017 & 2018 didominasi oleh kombinasi tiga kecerdasan: Logika Matematika, Naturalis dan Interpersonal (2) Dalam hal representatsi kata dan non-kata, teks bacaan dari kedua ujian nasional, tahun 2017 & 2018 didominasi oleh kombinasi tiga kecerdasan: Verbal/Linguistik, Logika/Matematika, dan Interpersonal (3) Dalam hal strategi berpikir, butir pertanyaan pada teks bacaan dari kedua ujian nasional, tahun 2017 & 2018 sebagian besar merupakan kombinasi dari dua kecerdasan: Logika/ Matematika dan Verbal / Linguistik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). I Wayan Darya M.A ; 2). Dr. Sudarya Permana M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 20 Dec 2021 05:20
Last Modified: 20 Dec 2021 05:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21900

Actions (login required)

View Item View Item