Model Hidden Curriculum Berbasis Kearifan Lokal di Pondok Pesantren Turus Pandeglang

Irfan Farhanul Hakim, . (2019) Model Hidden Curriculum Berbasis Kearifan Lokal di Pondok Pesantren Turus Pandeglang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
Cover Halaman Depan.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (251kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Model Hidden Curriculum Berbasis Kearifan Lokal di Pondok Pesantren Turus Pandeglang. Teori utama yang digunakan sebagai alat analisa adalah teori hidden curriculum dari Roland Meighan yang memandang bahwa hidden curriculum mencakup semua hal yang didapatkan peserta didik di sekolah namun tidak diajarkan oleh guru di kelas dan teori dari Saptomo tentang kearifan lokal yang memiliki arti nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan telah melewati proses panjang sepanjang proses kelahiran masyarakat itu sendiri. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui penyajian data, reduksi data, pengorganisasian data dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, komponen hidden curriculum berbasis kearifan lokal ini terbagi dalam enam komponen diantaranya visi dan kebijakan, kepemimpinan dan manajemen, kurikulum dan pengajaran, kapasitas dan budaya, kegiatan santri dan kolaborasi dengan masyarakat luas. Kedua, tahap pelaksanaan hidden curriculum berbasis kearifan lokal ini melalui tiga tahap, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dan pelaksanaannya berfokus pada pendidikan pesantren seperti pembelajaran kitab kuning dengan berbahasa daerah dan kegiatan santri seperti marhabanan, kesenian rampak bedug dan rangkaian idul adha. Ketiga, model hidden curriculum berbasis kearifan lokal di Ponpes Turus memiliki dampak positif terhadap santri dalam tiga aspek pendidikan, kognitif seperti pemahaman tata bahasa arab, afektif seperti penanaman sikap disiplin santri dan psikomotor seperti penguasaan seni budaya daerah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Izzatul Mardhiah, M.A ; 2). Dr. Amaliyah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 22 Dec 2021 06:03
Last Modified: 22 Dec 2021 06:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21932

Actions (login required)

View Item View Item